Tips & Trik

Ketahui Cara Mengerem Motor Matic Yang Benar

PUBLISHED DATE : 08 April 2023

Mengerem Motor Matic

Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi ketika pengemudi mengerem motor, di antaranya sebagai berikut:

 

  • Menginjak Rem secara Mendadak

 

Menginjak rem secara mendadak atau tiba-tiba dapat membuat roda terkunci dan membuat motor matic menjadi tidak stabil. Menginjak rem secara mendadak juga dapat membuat rem cepat aus dan meningkatkan potensi terjadi kecelakaan.

 

  • Hanya Memakai Satu Rem

 

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat mengerem motor matic adalah hanya menggunakan satu jam saja, baik rem depan maupun rem belakang. Hal ini dapat membuat laju motor sulit dikendalikan dan membuat rem menjadi cepat aus.

 

  • Menghindari Penggunaan Rem Depan

 

Beberapa pengendara motor matic menghindari penggunaan rem depan karena takut roda depan akan terkunci dan membuat motor menjadi tidak stabil. Padahal, rem depan dapat memberikan pengaruh lebih besar dalam memperlambat laju motor.

Baca Juga : Teknologi SHVS: Hemat Bahan Bakar & Ramah Lingkungan

 

  • Mengabaikan Kondisi Rem

 

Kesalahan lain yang sering terjadi saat mengerem motor adalah mengabaikan kondisi rem. Rem yang aus atau rusak dapat membuat pengendara kesulitan untuk mengendalikan laju motor dan membuat pengendara kurang nyaman saat berkendara.

 

  • Mengabaikan Kondisi Jalan

 

Kondisi jalan juga mempengaruhi kemampuan pengereman pada motor matic. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan kondisi jalan dan menghindari melakukan pengereman mendadak pada jalan yang tidak aman.

Berikut Panduan Cara Mengerem Motor Matic Secara Umum

Agar terhindar dari berbagai kesalahan di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengereman di motor matic. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

 

  • Gunakan Safety Gear

 

Sebelum memulai berkendara, pastikan untuk menggunakan safety gear yang lengkap dan sesuai standar keamanan. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya