Tips & Trik

Ketahui Cara Mengerem Motor Matic Yang Benar

PUBLISHED DATE : 08 April 2023

Mengerem Motor Matic

Motor matic atau biasa juga disebut skutik adalah pilihan kendaraan yang banyak digunakan orang karena lebih mudah untuk dikendarai. Untuk itu, teknik mengerem motor matic adalah salah satu teknik berkendara yang harus dikuasai oleh setiap pengemudi.

Hal ini karena masih banyak pengemudi motor matic yang belum mengetahui bagaimana cara mengerem kendaraan dengan benar dan aman. Pasalnya, pengereman yang salah bisa berdampak pada kondisi motor dan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara.

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengerem Motor Matic

Sebenarnya, proses mengerem motor adalah hal yang mudah, sebab pengemudi hanya perlu menarik tuas rem saja. Rem di motor matic terdiri atas dua jenis, yaitu rem depan dan rem belakang.

Namun, ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi ketika pengemudi mengerem motor, di antaranya sebagai berikut:

 

  • Menginjak Rem secara Mendadak

 

Menginjak rem secara mendadak atau tiba-tiba dapat membuat roda terkunci dan membuat motor matic menjadi tidak stabil. Menginjak rem secara mendadak juga dapat membuat rem cepat aus dan meningkatkan potensi terjadi kecelakaan.

 

  • Hanya Memakai Satu Rem

 

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat mengerem motor matic adalah hanya menggunakan satu jam saja, baik rem depan maupun rem belakang. Hal ini dapat membuat laju motor sulit dikendalikan dan membuat rem menjadi cepat aus.

 

  • Menghindari Penggunaan Rem Depan

 

Beberapa pengendara motor matic menghindari penggunaan rem depan karena takut roda depan akan terkunci dan membuat motor menjadi tidak stabil. Padahal, rem depan dapat memberikan pengaruh lebih besar dalam memperlambat laju motor.

 

  • Mengabaikan Kondisi Rem

 

Baca Juga : Begini Cara Mudah Lepas Sticker Pada Body Mobil

Kesalahan lain yang sering terjadi saat mengerem motor adalah mengabaikan kondisi rem. Rem yang aus atau rusak dapat membuat pengendara kesulitan untuk mengendalikan laju motor dan membuat pengendara kurang nyaman saat berkendara.

 

  • Mengabaikan Kondisi Jalan

 

Kondisi jalan juga mempengaruhi kemampuan pengereman pada motor matic. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan kondisi jalan dan menghindari melakukan pengereman mendadak pada jalan yang tidak aman.

Berikut Panduan Cara Mengerem Motor Matic Secara Umum

Agar terhindar dari berbagai kesalahan di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan pengereman di motor matic. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

 

  • Gunakan Safety Gear

 

Sebelum memulai berkendara, pastikan untuk menggunakan safety gear yang lengkap dan sesuai standar keamanan. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara.

Beberapa perlengkapan safety gear yang harus digunakan antara lain helm, jaket berkendara, sarung tangan, sepatu atau boots yang sesuai, dan perlengkapan pelindung lainnya.

 

  • Periksa Kondisi Rem

 

Sebelum berkendara, periksa kondisi rem pada motor matic Anda. Pastikan bahwa rem berfungsi dengan baik dan tidak ada bagian yang aus atau rusak. Periksa juga tingkat cairan rem pada tabung cairan rem.

Jika tingkat cairan rem terlalu rendah, tambahkan cairan rem baru sesuai dengan petunjuk yang tertera pada manual pengguna. Hal ini penting untuk memastikan komponen rem berada dalam kondisi prima untuk dipakai berkendara.

 

  • Jaga Kecepatan

 

Selanjutnya, ialah dengan cara mempertahankan kecepatan yang sesuai dengan batas kecepatan yang ditetapkan. Jangan melebihi batas kecepatan dan selalu gunakan kendaraan dengan kecepatan yang stabil.

Hal ini akan membantu Anda untuk mengerem dengan lebih efektif dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Sebaliknya, kecepatan yang tidak terkendali bisa membuat proses pengereman menjadi tidak stabil.

 

  • Kombinasikan Rem

 

Ketika mengerem motor, sebaiknya gunakan kedua rem secara bergantian atau bersamaan yaitu rem depan dan rem belakang. Pengereman menggunakan kedua rem dapat mempercepat proses pengereman dan membuat proses berhenti lebih stabil.

Kombinasi rem juga membuat tekanan rem terbagi secara merata dan menghindari terjadinya ban belakang terkunci dan mengalami selip. Hal ini juga membantu mencegah rem yang aus pada salah satu sisi saja.

 

  • Manfaatkan Rem Depan di Jalan Menurun

 

Saat mengerem motor matic di jalanan menurun, sebaiknya tekan handle atau tuas rem depan dengan lebih dalam dibanding handle rem belakang. Hal ini karena rem depan dapat menahan daya dorong motor ke depan.

Pasalnya, daya dorong motor ke depan saat melintasi jalan menurun memang lebih besar, sehingga dibutuhkan rem depan untuk menahan laju motor. Sedangkan rem belakang bisa difungsikan sebagai pengendali atau penyeimbang.

 

  • Hindari Pengereman Mendadak

 

Cara mengerem motor matic yang aman adalah dengan menghindari pengereman mendadak, terutama saat dalam kecepatan tinggi. Pengereman mendadak dapat menyebabkan roda terkunci dan motor kehilangan traksi atau daya cengkram.

Sebaiknya, gunakan rem secara perlahan dan bertahap dengan menekan rem secara perlahan dan kembali melepasnya dengan pelan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerem secara efektif dan menghindari terjadinya pengereman mendadak.

 

  • Perhatikan Kecepatan dan Jarak

 

Terakhir, perhatikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan di depan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Baca Juga : Perbedaan Kapal dan Perahu

Sebaiknya, jangan terlalu mendekati kendaraan di depan Anda dan selalu jaga jarak yang aman saat berkendara. Jarak yang terlalu dekat membuat potensi tabrakan akibat pengereman mendadak juga semakin besar.

Dampak Jika Salah Mengerem Motor Matic

Salah melakukan teknik pengereman dapat menimbulkan dampak yang berbahaya dan merugikan bagi pengendara maupun orang lain di sekitarnya. Beberapa dampak yang bisa terjadi akibat teknik mengerem yang salah antara lain yaitu:

 

  • Kecelakaan

 

Salah mengerem motor dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jika rem dipakai secara mendadak, kendaraan dapat kehilangan kontrol dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

 

  • Kerusakan Rem

 

Jika rem dipakai terlalu sering dipakai atau terlalu keras ditekan, maka komponennya dapat mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan kinerja rem menjadi berkurang dan tidak efektif.

 

  • Abnormalitas pada Ban

 

Jika terlalu sering mengerem motor matic dengan teknik yang salah, ban belakang dapat kehilangan grip dan menyebabkan kendaraan menjadi tidak stabil saat dikendarai.

 

  • Membuat Rem Cepat Aus

 

Terakhir, teknik pengereman yang salah juga dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada komponen rem, yang dapat membuatnya cepat aus. Rem yang aus dapat mengurangi kinerja daya cengkeram, sehingga membuat motor sulit dikendalikan.

Untuk menghindari berbagai dampak di atas, penting bagi para pengendara motor matic untuk selalu menggunakan teknik pengereman yang tepat. Anda bisa mengikuti panduan cara mengerem di atas sebagai panduan.

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa kondisi rem secara berkala dan melakukan penggantian komponen rem yang sudah aus untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara.

Selain menerapkan teknik mengerem motor matic di atas, Anda juga bisa melakukan servis berkala di bengkel resmi motor Anda. Jika komponen rem terlanjur mengalami kerusakan, maka segera lakukan booking service di bengkel resmi Suzuki sebagai solusi.

Berita Lainnya

Mobil Tua

Tips agar Mobil Tua Tetap Tangguh

Mobil tua membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan prima, serta tetap bisa beroperasi dengan baik di jalan. Dengan mengikuti tips perawatan yang tepat, kendaraan kesayangan...

selengkapnya