Tips & Trik

Ketahui Apa Itu Pemutihan Pajak

PUBLISHED DATE : 07 Mei 2024

Pemutihan Pajak

Program pemutihan pajak kendaraan menawarkan keringanan pembayaran, namun bentuk keringanan ini bisa berbeda-beda tergantung penyelenggaraannya. Mari kita lihat jenis-jenis keringanan yang umum diberikan:

Jenis-jenis Pemutihan Pajak Kendaraan

Program pemutihan pajak yang paling sering ditemui adalah keringanan untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Biasanya program ini akan membebaskan denda keterlambatan pembayaran PKB, sehingga Anda hanya perlu melunasi pokok pajaknya saja.

Selain PKB, terkadang program pemutihan pajak juga mencakup keringanan untuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Melalui program ini, denda keterlambatan pembayaran SWDKLLJ akan dihapuskan, sehingga Anda hanya perlu membayar SWDKLLJ pokoknya saja.

Program pemutihan yang lebih jarang ditemui namun terkadang ditawarkan adalah keringanan untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Keringanan BBNKB ini bisa berupa penghapusan denda balik nama kendaraan atau bahkan pembebasan biaya balik nama pertama.

Baca Juga : Menambah Zat Aditif pada Bensin, Bolehkah?

Selain jenis keringanan, memahami mekanisme pelaksanaan program juga penting. Biasanya program pemutihan pajak memiliki periode pelaksanaan tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah daerah (Pemda). Para peserta program juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, misalnya kendaraan tidak sedang dalam proses balik nama. Agar proses berjalan lancar, prosedur dan tahapan pengurusan pemutihan pajak perlu diikuti dengan cermat.

III. Dampak Pemutihan Pajak Kendaraan

Program pemutihan pajak kendaraan tentu tidak digelar tanpa alasan. Penerapan program ini membawa dampak bagi dua pihak, yaitu pemilik kendaraan dan pemerintah daerah (Pemda) selaku penyelenggara.

A. Dampak Positif

  • Meningkatnya Kepatuhan Wajib Pajak

Program pemutihan pajak dapat mendorong masyarakat yang menunggak untuk melunasi kewajiban PKB mereka. Dengan terhapusnya denda, beban yang terasa berat menjadi lebih ringan, sehingga masyarakat lebih termotivasi untuk patuh membayar pajak di masa mendatang.

  • Peningkatan Pendapatan Daerah

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya