Tips & Trik

Kenali 5 Penyebab Rantai Motor Berisik

PUBLISHED DATE : 28 November 2019

Rantai Motor1

Anda akan lebih sering mendengar suara dari rantai pada saat musim penghujan. Nah, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan semua kotoran. Manfaatkan cairan penetran berupa minyak tanah yang akan menghilangkan kotoran. 

Cairan ini perlu digunakan sebelum Anda mengaplikasikan pelumas dan lakukan perlahan. Sehingga semua pasir dan lumpur semuanya rontok. Manfaatkan sikat gigi untuk menyikat gear beserta rantai dari semua jenis kotoran. 

    2. Mengaplikasikan Pelumas

Jika Anda merasa terganggu dari suara rantai maka langkah tips kedua adalah dengan memberikannya pelumas. Langkah ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. Tapi pastikan untuk menggunakan pelumas berkualitas agar hasilnya maksimal. 

Pelumas ini bisa digunakan setelah Anda membersihkan semua kotoran jika ada menggunakan cairan penetran. Tapi Anda juga bisa langsung mengaplikasikan pelumas apabila rantai tidak kotor secara langsung. 

Rutinitas pelumasan rantai motor ini sebaiknya dilakukan setiap minggu. Tujuannya adalah mencegah, mengatasi bunyi dan membuat kinerja rantai serta gear lebih optimal. 

    3. Menyemprotkan Chain Lube

Pelumas bukan satu-satunya yang bisa menghilangkan bunyi berisik dari rantai. Anda juga perlu menggunakan chain lube dengan merata. Fungsi dari chain lube adalah untuk mengurangi suara bising dari gesekan rantai dan keausan atau penumpukan debu. 

Baca Juga : Mau Kaca Helm Tidak Buram? Begini Cara Merawatnya

Chain lube juga akan membuat rantai serta gear lebih tahan lama bebas dari karat. Selain untuk rantai, chain lube juga bisa digunakan pada as rem, operan gigi hingga tali kopling. Cara menggunakannya yaitu setelah aplikasi pelumas. 

Anda cukup menyemprotkannya secara merata dan putar rantai dengan menyalakan mesin dan masuk ke gigi satu. 

    4. Servis Secara Berkala

Anda harus rutin servis dan melakukan pengecekan pada rantai, bukan hanya servis ganti oli saja. Dengan begitu teknisi akan menyetel ulang rantai sehingga tidak timbul lagi suara berisik. 

Penyetelan yang dilakukan di bengkel resmi Suzuki tentu akan lebih pas sehingga motor akan lebih nyaman digunakan. Selain itu juga menjadi penentu keawetan dari rantai serta gear. 

Kini Anda tak perlu terganggu lagi dengan rantai motor berisik setiap kali berkendara. Baik itu penyebab rantai motor berisik dan solusinya sudah diketahui. Tinggal bagaimana Anda melakukan perawatan dengan rutin.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya