Tips & Trik

Kenali 5 Penyebab Rantai Motor Berisik

PUBLISHED DATE : 28 November 2019

Rantai Motor1

Setelah semua kotoran hilang, barulah menambahkan pelumas agar suara hilang dan rantai bekerja seperti semula.

    4. Rantai Motor Mulai Karatan

Selain kotoran, karat juga menjadi penyebab rantai motor bunyi. Sebagai benda logam sangat wajar jika rantai dan gear berkarat. Namun jika masalahnya karena ini maka Anda tidak bisa menambahkan pelumas atau membersihkan karat. 

Karena karat menandakan kerusakan pada material logam yang sangat berbahaya. Karat juga menjadi tanda bahwa logam mulai keropos dan perlu diganti. Bahaya yang menanti jika terus menggunakannya adalah rantai bisa putus dan terjadi kecelakaan. 

    5. Rantai Motor yang Kering

Penyebab rantai motor berisik juga bisa terjadi karena Anda jarang memberikan pelumas sehingga rantai menjadi kering. Kondisi rantai yang kering biasanya disebabkan oleh kendaraan usai melewati jalanan banjir. 

Pelumas pada rantai harus diaplikasikan kembali setelah kotoran dan air dibersihkan. Anda bisa menggunakan pelumas khusus dan hindari oli bekas. Oli tersebut justru akan membuat rantai semakin kotor dan mempercepat korosi. 

Baca Juga : Berbagai Penyebab Kerusakan Injektor di Sepeda Motor

Menyadari semua penyebab rantai berbunyi kretek-kretek ini membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan dan merawat rantai. Karena harga rantai dan gear tidaklah murah apalagi harus diganti setahun sekali jika motor rutin digunakan.

rantai_pada_motor

4 Tips untuk Mengatasi Rantai Motor yang Bunyi Berisik

Secara garis besar, di atas telah disebutkan bagaimana cara Anda untuk mengatasi masalah rantai motor yang muncul bunyi mengganggu. Jika motor memiliki rantai dalam keadaan prima maka Anda pun tak perlu was-was untuk mengendarainya. 

Apabila sewaktu-waktu Anda mendengarkan bunyi dari rantai ada beberapa tips untuk mengatasinya sebagai berikut ini. 

    1. Membersihkan Kotoran

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya