Tips & Trik

Kaki Kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

42246153 S

Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda pada mobil satu persatu. Anda dapat mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu.

Apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada  komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru.

  • Ban

Apabila ingin memastikan kaki kaki pada mobil yang bagus dan belum mengalami kerusakan maka Anda perlu juga memperhatikan bagian ban. Hal ini karena ban adalah bagian yang sering mengalami gesekan dengan aspal sehingga mudah pula mengalami masalah.

Ketika Anda memeriksa bagian tie rod dan tie long riod lalu terdapat masalah, maka Anda jangan langsung mengakalinya. Tie rod merupakan bagian yang meneruskan pergerakan setir ke mobil.

Untuk mengetahui bagian tie rod mengalami masalah atau tidak bisa dilakukan dengan cara mendongkrak mobil. Apabila sudah terangkat, pegang ban dan gerakkan kekanan dan kekiri seperti mobil akan berbelok. Apabila terdengar bunyi atau gesekan, artinya mobil bermasalah.

  • Ball Joint

Baca Juga : Ketahui, Ini Cara Kerja dan Fungsi Kondensor AC Mobil

Ball joint adalah bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok.

Apabila Anda ingin mengetahui kondisi ball joint mengalami masalah atau tidak, silahkan mengeceknya dengan mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.

Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint ini.

  • Peer

Dibandingkan dengan komponen kaki kaki mobil lainnya, peer adalah bagian yang jarang bermasalah atau mengalami kerusakan. Meskipun begitu, bukan berarti bagian ini tidak bisa mengalami masalah.

Bahkan, peer yang mengalami kerusakan akan sulit terdeteksi. Karena itu, kerusakan pada peer baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya