Tips & Trik

Kaki Kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/42246153_s.jpg

Kaki kaki mobil adalah salah satu komponen penting mobil yang ada di bagian bawah. Setiap jenis komponen kaki-kaki ini harus dirawat dengan baik.

Kaki kaki mobil adalah salah satu komponen yang ada pada mobil dan harus Anda perhatikan. Singkatnya, ini adalah beberapa komponen mobil bagian bawah, sehingga disebut sebagai kaki-kaki.

Jika berencana untuk membeli mobil bekas atau second, maka Anda perlu memperhatikan kondisi kaki kaki pada mobil dan memastikan komponen ini belum mengalami kerusakan.  Lalu apa saja ciri-ciri kaki kaki pada mobil yang bagus? Anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Jadi Tahu, Ini Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

cek_kaki_mobil

Komponen Penting Pada Kaki Kaki Mobil

Kenapa bagian kaki kaki pada mobil wajib diperiksa? Hal ini karena ini adalah bagian yang menerima tekanan yang paling besar. Selain itu, komponen ini juga mempengaruhi aspek kenyamanan ataupun keselamatan pengendara.

Bahkan, apabila bagian kaki kaki pada mobil sudah mengalami kerusakan, maka bukan tidak mungkin ini akan memicu kerusakan pada bagian yang lain.

Baca Juga : Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek, Apa Penyebabnya?

Lalu, apa saja bagian yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik. Berikut ini bagian kaki kaki pada mobil tersebut.

  • Suspensi

Suspensi digunakan untuk meredam guncangan pada mobil. Guncangan ini sering terjadi saat melewati lobang, tanjakan, atau saat kondisi jalanan tidak rata. Suspensi biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga akan sulit terjadi korosi pada komponen tersebut.

Karena terbuat dari bahan anti karat, maka suspensi juga memiliki daya tahan yang tinggi. Meski demikian, apabila suspensi digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka kondisinya juga akan mengalami penurunan.

Baca Juga : Waspada, Ini Efek Telat Ganti Oli Mobil

Akibatnya, saat dikendarai, mobil akan terasa limbung, apalagi saat dalam laju kecepatan yang tinggi. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kerusakan pada bagian ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apakah ada suara bising saat mobil melaju

Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus. Apabila pada kedua kondisi tersebut mobil terasa limbung, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil.

  • Bushing Arm

Bushing arm merupakan komponen pada mobil yang mempunyai tugas untuk mencengkeram roda atau titik tumpu pada roda. Bushing FAM berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet.

Selain itu bushing arm juga menjadi komponen yang dapat meredam getaran sambungan suspensi yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian bushing arm. maka kondisi awal yang akan terdeteksi adalah rasa tidak nyaman.

Cara mudah untuk mengetahui bagian ini mengalami kerusakan yaitu mengamati arah laju mobil. Apabila arah mobil terlihat melenceng baik ke arah kanan atau kiri, maka ini menjadi tanda jika bushing arm harus diperbaiki.

  • Bearing

Bagian bearing adalah bagian penting lainnya pada kaki kaki kendaraan roda empat. Bearing merupakan salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Komponen bearing juga akan mempengaruhi kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda pada mobil satu persatu. Anda dapat mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu.

Apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada  komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru.

  • Ban
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya