Tips & Trik

Jenis-Jenis Mobil Yang Ada di Indonesia

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2020

129933870 S

Mobil Hatchback

Hatchback merupakan sebuah mobil turunan yang bagian bagasinya khusus ditiadakan dan bagian belakangnya dibentuk seperti MPV. Hal ini membuat bagasinya dilengkapi dengan kabin. Kapasitas mobil ini maksimum lima penumpang, sehingga sangat cocok digunakan saat bersama keluarga.

Kelebihan dari mobil sedan jenis ini adalah, lebih lincah saat di perkotaan sebab mempunyai dimensi yang lebih pendek. Hatchback tetap memberi suasana kabin sedan yang nyaman saat digunakan. Beberapa jenis-jenis mobil hatchback diantaranya adalah small, medium dan Luxury hatchback.

Small hatchback adalah mobil jenis hatchback yang berukuran lebih kecil jika dibandingkan jenis lain. Biasanya sering disebut juga dengan city car atau key car. Dalam hal ini, Small Hatchback murah yang bergelar LCGC sekarang juga sedang menjamur di Indonesia.

Medium hatchback merupakan mobil yang mempunyai harga dan fitur hampir sama dengan versi sedannya. Sedangkan Luxury hatchback merupakan hatchback yang mewah sebab mempunyai fitur, harga dan kualitas pembuatan menyamai luxury sedan.

Baca Juga : Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek, Apa Penyebabnya?

Mobil MPV

104801832_s

Mobil MPV adalah singkatan dari “Multi Purpose Vehicle” yang berarti “Mobil Serba Guna”. Mobil ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Karena itulah, kapasitas penampung menjadi prioritasnya. Kapasitas MPV dapat memuat tujuh penumpang atau bahkan lebih jika badannya kecil.

MPV sendiri dibagi menjadi beberapa segmen lagi, diantaranya adalah Medium-MPV, Luxury-MPV, Low-MPV dan Compact-MPV. Medium MPV berada satu kelas di atas low-MPV. Mobil ini berdimensi bongsor, sebab mengutamakan kelegaan kabin. Kapasitas daya angkutnya juga banyak.

Luxury MPV adalah jenis MPV yang mewah dan biasanya dipilih oleh orang-orang kaya untuk kenyamanan kelas atas bagi keluarganya. Tentu saja untuk kelas ini harganya cukup tinggi.

Selanjutnya, Compact MPV merupakan MPV berdimensi sama dengan low MPV namun harganya lebih mahal sebab kualitas, fitur dan kenyamanannya lebih  baik. Low MPV merupakan produk untuk konsumen menengah kebawah dengan daya tampung 7 orang.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya