Tips & Trik

Water Jacket: Fungsi dan Penyebab Kerusakannya

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/98357208_s.jpg

Pernah mengalami mesin mobil overheat? Bisa saja karena terdapat masalah pada sistem pendingin mobil. Water jacket adalah salah satu bagian dari sistem pendingin mobil yang memanfaatkan air. 

Sistem pendingin dengan air ini lebih banyak digunakan pada mobil-mobil modern daripada sistem pendingin dari udara. Untuk mengenal lebih jauh tentang sistem pendingin dengan air, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Sistem Water Jacket pada Mobil?

Baca Juga : Bolehkah Sabun Cuci Piring Digunakan Sebagai Campuran Untuk Air Wiper?

Apa akibatnya jika mesin mengalami panas berlebih atau overheat? Mesin bisa mati kapan saja dan jika dibiarkan lama kelamaan akan merusak komponen di dalamnya. 

Anda pun tentu akan merasa tidak nyaman ketika mengendarai mobil. Panas yang dihasilkan mesin ini disebabkan terjadi pembakaran di ruang bakar yang akan menciptakan tenaga. 

Supaya mesin bisa tetap melakukan pembakaran namun tetap dingin, maka suhu panas yang dihasilkan perlu dikendalikan oleh sistem pendingin. Dulu sistem pendingin pada mesin mobil memanfaatkan aliran udara ke seluruh mesin. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Bedanya Mobil SUV dengan Mobil MPV

Konstruksinya sendiri berada di bagian luar silinder mesin dan memanfaatkan sirip sehingga panas dapat dilepaskan. Sayangnya sistem ini kurang bisa mengendalikan panas dari mesin, sehingga diciptakanlah sistem pendingin dari air. 

Pada sistem pendingin mesin yang mengandalkan air ada beberapa komponen yang digunakan. Contohnya saja radiator, selang, pompa air, kipas dan juga thermostat. Tidak ketinggalan yang cukup penting adalah water jaket atau mantel air. 

Water jacket adalah ruang pada tempat air pendingin mesin atau coolant dapat bersirkulasi di dalam mesin. Bentuknya sendiri mengelilingi silinder liner mesin. Ketika membongkar mesin, Anda akan menemukannya di dalam mesin yang disebut cylinder head dan cylinder block. 

Baca Juga : Apa Itu Body Repair Mobil? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Sekilas water jacket pada bagian cylinder block dan head tampak seperti lubang dengan ruang yang mengelilingi silinder mesin. Ruangan tersebut yang akan diisi oleh coolant yang terhubung pada radiator. 

Oleh karena itulah air pendingin akan bekerja secara langsung untuk menyelimuti dinding silinder liner. Mesin pun akan memiliki pengaturan suhu tinggi yang lebih baik, berbeda dengan sistem pendingin udara.  

Apa Saja Fungsi Water Jacket 

Sistem kerja pendingin mobil dengan air dimulai dari memasukan coolant atau cairan pendingin ke dalam radiator. Cairan tersebut nantinya akan dialirkan ke dalam ruang-ruang dari water jacket yang mengelilingi silinder mesin. 

Fungsi water jacket adalah supaya aliran dari coolant tersebut lancar dan penyerapan panas bisa terjadi secara menyeluruh dan merata. Baru setelah itu panas yang diserap oleh coolant membuat air pendingin berubah menjadi panas. 

Suhu air yang sudah meningkat ini membuat katup termostat terbuka dan mengalirkan kembali coolant ke dalam radiator. Di sinilah air pendingin akan dikembalikan lagi suhunya oleh radiator menjadi dingin. 

Air pendingin yang suhunya kembali seperti semula akan dialirkan kembali ke dalam water jacket. Begitulah prosesnya selalu berulang sehingga suhu dari mesin tidak akan menjadi terlalu tinggi. 

Coolant telah dirancang secara khusus supaya mampu melewati semua kanal-kanal water jacket dengan baik dan memiliki sirkulasi yang baik. Begitu juga dengan mantel air, semua kanalnya dibuat agar bisa mengelilingi mesin dan air dapat mengalir dengan mudah. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya