Tips & Trik

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kabel Busi Mobil Bocor

PUBLISHED DATE : 31 Maret 2021

Suzuki Xl71

Kabel ini memiliki cara kerja seperti selang air yang mengalirkan listrik menuju busi. Aliran listrik ini berasal dari pembakaran ketika mesin menyala. Nantinya, aliran ini akan menciptakan bunga api ketika telah tersambung ke busi.

Tekstur kabel ini pada dasarnya masih sama dengan kabel pada umumnya. Hal tersebut ditandai dengan kabel ini mengandung tembaga hingga heavy duty stainless steel alloy. Fungsi dari komponen kabel tersebut adalah untuk menciptakan bunga api ketika mesin dinyalakan.

Kegunaan Kabel Busi

Pada dasarnya, kegunaan kabel ini adalah untuk menyalurkan arus listrik agar menuju busi dengan sempurna. Jika listrik dapat dihantarkan dengan sempurna oleh kabel, maka akan timbul percikan api di bagian busi.

Arus listrik yang dihantarkan ini mulanya berasal dari koil. Timbulnya arus listrik diakibatkan oleh proses pembakaran sehingga akan timbul hanya ketika mesin dinyalakan.

Baca Juga : Electronic Fuel Injection: Komponen & Kelebihannya

Meskipun kecil, busi beserta kabelnya tidak bisa diremehkan karena memegang peran penting dalam kinerja mesin.

Berdasarkan paparan terkait kabel busi seperti yang telah disebutkan di atas, fungsi kabel ini cukup kompleks. Maka penting sekali menjaga kabel agar tetap dalam kondisi baik.

Dampak Jika Kabel Busi Bocor

Jika kabel busi mobil bocor, akan banyak sekali dampak buruk yang mungkin terjadi. Hal tersebut hendaknya dihindari agar kinerja mobil tetap stabil, dan Anda dapat berkendara dengan aman.

Penting untuk mengetahui dampak apa saja yang mungkin terjadi agar meminimalisir kebocoran pada kabel busi ini. Beberapa dampak yang bisa terjadi bila kabel ini mengalami kebocoran adalah sebagai berikut.

  • Pecahnya Keramik Busi
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya