Tips & Trik

Jangan Anggap Remeh! Ini Fungsi dan Manfaat Alarm Mobil

PUBLISHED DATE : 30 April 2021

XL7 (2)

Ketika Anda membeli sepaket central lock pasti akan dibingungkan soal kabel. Karena ada satu set kabel yang terdiri dari lima jenis dibedakan dari segi warna. Pemasangan kabel ini tidak boleh salah karena alarm tidak akan menyala atau justru menjadi konslet. 

Sebelum memasang Anda perlu mengetahui fungsi dari masing-masing kabel tersebut. Secara umum kelima kabel dibagi menjadi dua jenis yaitu kabel yang dihubungkan ke sistem kelistrikan dan kabel yang dihubungkan pada central lock. 

Kabel warna merah perlu dihubungkan pada aki secara langsung. Sedangkan kabel berwarna hitam dihubungkan pada bodi aki. Kabel dengan warna merah hitam perlu dihubungkan ke bagian bagasi. 

Warna kabel coklat disambungkan ke lampu sein kanan dan kiri. Terakhir kabel berwarna pink dihubungkan ke speaker. Hampir semua pabrikan central lock menyediakan kabel dengan warna sama jadi Anda tidak perlu bingung nantinya. 

  •  Menyembunyikan Letak Sirine

Penting untuk memilih dimanakah Anda akan meletakkan sirine alarm mobil dengan aman. Tujuan dari pemilihan tempat pemasangan ini supaya orang yang berniat jahat tidak dapat mematikan alarm ketika berbunyi sehingga pencurian pun bisa dicegah. 

Saran terbaik dalam meletakkan sirine adalah pada bagian yang sulit digapai oleh tangan. Contohnya saja bagian body mobil dalam yang tidak akan terlihat langsung. Sehingga alat sirine tidak mudah dilumpuhkan ketika terjadi pencurian. 

  • Memilih Alarm dengan Fitur GPS

Alarm bukan hanya berfungsi mengeluarkan suara ketika terjadi pencurian. Saat ini terdapat model alarm baru yang sudah dilengkapi dengan GPS. Jenis alarm ini akan sangat membantu ketika terjadi pencurian. 

Baca Juga : Catat, Ini Ciri Ciri Koil Lemah pada Mobil & Solusinya

Anda bisa langsung tahu dimanakah lokasi mobil berada dan bisa langsung menemukannya. Selain itu fitur GPS pada alarm ini memiliki fungsi lain yaitu untuk mematikan mesin mobil. 

Jadi jika Anda terburu-buru dan ingin sesegera mungkin mematikan mesin mobil bisa memanfaatkan remote alarm.  Adanya fitur GPS ini juga memudahkan Anda untuk menemukan mobil di area parkir yang luas. 

Demikian ulasan terkait fungsi dan cara memasang alarm mobil. Jika Anda ragu untuk melakukan pemasangan sendiri karena takut terjadi konsleting, sebaiknya Anda membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Nah bagi anda yang tinggal di area Jawa & Bali, kini Suzuki telah meluncurkan 9 website baru untuk sembilan main dealer Suzuki khusus untuk kendaraan 4W yang dilengkapi berbagai fitur menarik yang tersebar di Jawa Bali (non JABODETABEK), diantaranya:

Dengan diluncurkannya 9 website main dealer ini diharapkan dapat membantu konsumen di wilayah-wilayah tersebut oleh karena adanya fitur Self Booking Service (booking jadwal servis secara mandiri).

Fitur baru ini dapat  mempermudah konsumen untuk melihat jadwal yang kosong di outlet-outlet Suzuki terdekat cukup dengan mengakses halaman servis di website outlet tersebut.

Tidak tahu mana outlet terdekat? Website ini dapat mendeteksi secara otomatis lokasi konsumen berada. Konsumen dapat memilih untuk mengaktifkan fitur deteksi lokasi maupun memilih daftar outlet secara manual.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya