Tips & Trik

Jangan Anggap Remeh! Ini Fungsi dan Manfaat Alarm Mobil

PUBLISHED DATE : 30 April 2021

XL7 (2)

Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa remote control ini hanya berfungsi untuk mengunci dan membuka pintu mobil. Biasanya pada remote terdapat empat tombol, yaitu untuk membuka dan mengunci pintu, membuka pintu bagasi, serta satunya lagi untuk alarm.

Adanya remote control alarm ini akan membantu untuk mencari kendaraan yang terparkir di tempat luas dan ramai. Bahkan di era digital ini, juga sudah ada alarm yang bisa dikendalikan lewat smartphone. Tentunya hal ini akan semakin  mempermudah Anda dalam melacak keberadaan mobil.

121000259_s

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pasang Alarm Mobil 

Bagi Anda yang belum memasang alarm pada mobil, sebaiknya segera mempertimbangkan untuk memasang sistem keamanan ini. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa alarm tak hanya bermanfaat untuk mendeteksi terjadinya usaha pencurian mobil.

Fungsi lain seperti peringatan tanda bahaya dan pendeteksi keberadaan mobil akan mempermudah dan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda.

Cara memasang alarm mobil sebenarnya tidak terlalu rumit, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda hanya perlu memasang lock actuator pada pintu kemudian menyambungkan semua kabel alarm, akan tetapi untuk menghindari kerusakan sebaiknya dilakukan di bengkel resmi terdekat. 

Baca Juga : Mengapa Cat Mobil Bisa Kusam? Cek Penyebabnya

Terakhir Anda hanya perlu untuk menyambungkan central lock dengan remote alarm. Hanya saja selama pemasangan ini Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Khususnya soal penyambungan kabel yang jika salah justru akan membuat alarm tidak dapat berbunyi. 

Pemasangan alarm mobil bisa berhasil dilakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

  • Memilih Central Lock dan Alarm yang Sesuai

Pada saat Anda membeli central lock dan alarm maka akan mendapatkan satu paket yang terdiri dari empat komponen. Pertama adalah lock actuator atau pistol penggerak, kedua adalah satu set kabel yang dipasang pada semua pintu nantinya.

Komponen ketiga adalah empat buah kawat penarik dan pendorong. Terakhir adalah satu komponen central lock yang memiliki 8 titik konektor. Penting untuk membeli central lock yang memiliki kecocokan dengan tipe mobil. 

Saat Anda ingin membelinya sebaiknya jelaskan jenis mobil apa yang hendak dipasang alarm. Dengan begitu Anda akan mendapatkan tipe dan merk yang sesuai. Apabila salah membeli bisa berakibat fatal bagi pengendara. 

Alarm mobil erat kaitannya dengan sistem kelistrikan yang membuatnya harus dipasang dengan hati-hati. Salah produk karena ketidakcocokan bisa menimbulkan korsleting yang tentu membahayakan pengendara mobil. 

  • Mengenali Fungsi dari Masing-Masing Kabel
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Air Radiator Mobil1

Peran Penting Air Radiator Mobil

Pernahkah Anda membayangkan terjebak di jalan raya dengan mesin mobil yang berasap atau mengeluarkan bunyi mendidih? Kondisi ini, yang sering disebut overheating atau mesin kepanas...

selengkapnya