Tips & Trik

Inilah 2 Jenis Kaca Mobil dan Perbedaanya

PUBLISHED DATE : 19 Juli 2021

XL7 (2)2

Meskipun jenis kaca yang digunakan pada setiap bagian mobil berbeda, namun perawatan yang dibutuhkan sama. Penting sekali untuk menjaga transparansi kaca mobil supaya nyaman dikendarai khususnya saat malam, cuaca berkabut, dan hujan. 

Tak sedikit pengemudi yang mengeluhkan kualitas kaca jelek karena mudah baret setelah dibersihkan atau terkena air hujan. Namun sebagian besar terjadi karena kesalahan perawatannya. Padahal untuk merawat caranya sangat mudah. 

Berikut ini beberapa tips perawatan kaca mobil supaya tetap kinclong. 

    1. Bersihkan Segera Jika Muncul Noda

Rutin membersihkan kaca bukan hanya pada saat mencuci mobil saja. Tetapi ketika ada noda atau kotoran yang melekat sebaiknya segera bersihkan. Khususnya jenis kotoran yang bisa menjadi noda. 

Biasanya seperti air hujan atau lumpur. Jika tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan jamur, baik itu pada kaca maupun body mobil. Ketika Anda mengendarai mobil semua jenis kotoran bisa menempel pada kaca, sesampainya di rumah sebaiknya segera bersihkan. 

    2. Perhatikan Lap yang Digunakan 

Tak hanya memperhatikan soal kebersihan kaca saja, tetapi juga alat yang digunakan. Pastikan Anda selalu membersihkan dengan lap yang kering dan juga bersih.

Baca Juga : Kaki Kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

Jika lap kotor bahkan mengandung pasir bisa menimbulkan goresan-goresan halus pada kaca. Serta lap yang terlalu kasar juga bisa menjadi penyebab munculnya goresan. Sebaiknya bedakan antara lap basah dan kering agar bisa bersih optimal. 

    3. Selalu Keringkan Usai Dibersihkan

Ketika mobil selesai dicuci atau kaca dibersihkan dari kotoran, maka harus segera dikeringkan. Tujuannya supaya titik-titik air tidak menempel dan akhirnya membekas. 

 Permukaan kaca yang kering juga mempersulit debu untuk menempel. 
 
    4. Cek Kondisi Karet Wiper

Rutinlah mengecek kualitas wiper khususnya pada musim hujan. Apakah karet wiper masih berfungsi dengan baik. Jika perlu bersihkan karet sebelum berkendara. Anda bisa membersihkannya di pagi hari ketika memanaskan mobil. 

Apabila kaca mobil Anda mengalami masalah termasuk bagian mesin sebaiknya segera periksakan kendaraan kesayangan di bengkel resmi Suzuki terdekat. Mengecek kondisi kendaraan secara rutin menjadi kewajiban yang tak boleh dilewatkan. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya