Tips & Trik

Ini Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

PUBLISHED DATE : 13 Oktober 2021

10  GSX

Panas yang berlebihan mempercepat oli merembes keluar mesin baik itu pada silinder head maupun saluran gas buang. Anda pun akan melihat asap knalpot berubah menjadi putih ditambah dengan bau sangit. 

Hal ini sering terjadi pada motor yang sehari-hari harus bekerja melalui ratusan kilo. 

  • Beban yang Dibawa Sering Berlebihan

Penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit yang selanjutnya adalah pengaruh jumlah beban yang harus diangkut. Setiap sepeda motor memiliki kapasitas muatan yang berbeda-beda. 

Sayangnya masih banyak pengguna yang memanfaatkan motor untuk mengangkut beban yang lebih dari kapasitasnya. Belum lagi medan yang dilalui adalah jalanan tanjakan yang membuat mesin bekerja cukup keras. 

Ketika hal ini terjadi, maka beban piston semakin besar untuk naik dan turun. RPM mesin lama kelamaan juga akan menurun walaupun katup gas ada di posisi yang sama. Panas akibat pembakaran pun akan meningkat yang menghasilkan overheat.  

  • Kampas Kopling Bermasalah 

Terakhir adalah masalah pada kampas kopling yang sudah aus. Masih banyak pemilik kendaraan yang terus memaksakan kendaraannya untuk berjalan meskipun kampas kopling sudah aus. Padahal ini bisa menjadi penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit. 

Baca Juga : Motor ABS Perlu Perawatan Khusus, Benarkah?

Lama kelamaan kampas kopling pun akan menjadi hangus. Komponen ini perlu diperbaiki jika Anda tidak ingin mencium bau sangit lagi. 

128513211_s

Tips Mengatasi Mesin Motor Muncul Bau Sangit 

Anda sudah mengetahui semua penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit, kini saatnya mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Ketika mesin cepat panas dan muncul bau sangit, Anda tentu akan panik jika belum pernah mengalaminya. 

Bisa juga Anda menyepelekan hal ini dan terus mengendarai sepeda motor. Sebaiknya hindari masalah panik apalagi membiarkannya, karena komponen yang tidak berhubungan langsung lama kelamaan akan rusak. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya