Tips & Trik

Ini Dia Tips Service Kendaraan Agar Aman Digunakan Saat Mudik Lebaran

PUBLISHED DATE : 10 April 2023

Tips Service Kendaraan Saat Mudik Lebaran

Agar perjalanan jadi aman dan nyaman hingga mencapai tujuan. Lantas, apa sajakah bagian yang harus dilakukan pengecekan? Simak detailnya di sini.

 

  • Pengecekan Area Mesin

 

Mesin menjadi komponen vital pada kendaraan Anda. Agar kendaraan Anda siap melaju di jarak ratusan kilometer, jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan pada oli mesin. 

Jika oli mesin kendaraan sudah menunjukkan keenceran dan mulai asat, maka sudah saatnya Anda melakukan pergantian oli.

Selain itu, perlu juga untuk melakukan pengecekan pada komponen filter oli. Apabila sudah tidak layak dipakai maka sebaiknya diganti dengan komponen baru agar kinerjanya menjadi lebih maksimal. 

Masih berada di area mesin kendaraan, saat melakukan service kendaraan sebaiknya Anda tidak melupakan komponen timing belt. Sebagai salah satu komponen penggerak, peranannya dalam area mesin termasuk krusial. 

Jika sudah melebihi batas usia pakai atau alami retak, maka menjadi penanda bahwa Anda harus menggantinya dengan komponen yang baru.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Batas Kecepatan di Jalan Tol

 

  • Hindari Overheat dengan Cek Air Radiator

 

Permasalahan yang sering muncul dan menjadi kendala di perjalanan mudik adalah kendaraan mogok karena overheat. Hal ini tidak jarang disebabkan oleh kelalaian pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan pada komponen air radiator. 

Pasalnya, jika air radiator alami kekurangan level air maka bisa memicu terjadinya overheat dan membuat mesin mobil Anda macet total. 

Padahal untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan secara mandiri. Anda hanya tinggal membuka tutup radiator dan melihat volume airnya. 

Apabila masih cukup dan sesuai dengan level normal, maka Anda tidak perlu menambahnya. Namun jika menyaksikan air sudah keruh, Anda bisa sebaiknya lakukan pergantian. 

Selanjutnya, Anda lakukan pengecekan pada komponen tabung air atau reservoir radiator. Sebagai tempat pembuangan air panas, sebaiknya kondisi tabung tidak berada di bawah minimal. 

Jangan sampai juga melakukan pengisian hingga penuh, usahakan tetap menjaga bahwa posisi tabung air senantiasa di batas yang normal. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya