Tips & Trik

Ini Dia Tips Service Kendaraan Agar Aman Digunakan Saat Mudik Lebaran

PUBLISHED DATE : 10 April 2023

Tips Service Kendaraan Saat Mudik Lebaran

Service kendaraan menjelang mudik lebaran menjadi sebuah keharusan jika mendambakan perjalanan yang aman dan nyaman. Melakukan servis pada kendaraan sebelum mudik tiba merupakan salah satu dari persiapan yang matang jelang lebaran. 

Sebab, kendaraan Anda akan digunakan untuk menempuh banyak perjalanan. Apa jadinya jika terjadi kerusakan atau kendala di tengah jalan, hanya akan menghambat perjalanan Anda. Untuk itu Anda perlu memperhatikan tips aman mudik dengan lakukan servis di bawah ini!

Tips Service Kendaraan untuk Mudik Lebaran

Biasanya bengkel akan dipadati oleh permintaan servis pada H-2 minggu lebaran. Sebab, untuk momen mudik banyak komponen yang harus dicek pada kendaraan. Meski servis berkala sudah Anda lakukan, ada baiknya tetap melakukan pengecekan sebelum memulai perjalanan mudik. 

Agar perjalanan jadi aman dan nyaman hingga mencapai tujuan. Lantas, apa sajakah bagian yang harus dilakukan pengecekan? Simak detailnya di sini.

 

  • Pengecekan Area Mesin

 

Mesin menjadi komponen vital pada kendaraan Anda. Agar kendaraan Anda siap melaju di jarak ratusan kilometer, jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan pada oli mesin. 

Jika oli mesin kendaraan sudah menunjukkan keenceran dan mulai asat, maka sudah saatnya Anda melakukan pergantian oli.

Selain itu, perlu juga untuk melakukan pengecekan pada komponen filter oli. Apabila sudah tidak layak dipakai maka sebaiknya diganti dengan komponen baru agar kinerjanya menjadi lebih maksimal. 

Masih berada di area mesin kendaraan, saat melakukan service kendaraan sebaiknya Anda tidak melupakan komponen timing belt. Sebagai salah satu komponen penggerak, peranannya dalam area mesin termasuk krusial. 

Jika sudah melebihi batas usia pakai atau alami retak, maka menjadi penanda bahwa Anda harus menggantinya dengan komponen yang baru.

 

  • Hindari Overheat dengan Cek Air Radiator

Baca Juga : 7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

 

Permasalahan yang sering muncul dan menjadi kendala di perjalanan mudik adalah kendaraan mogok karena overheat. Hal ini tidak jarang disebabkan oleh kelalaian pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan pada komponen air radiator. 

Pasalnya, jika air radiator alami kekurangan level air maka bisa memicu terjadinya overheat dan membuat mesin mobil Anda macet total. 

Padahal untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan secara mandiri. Anda hanya tinggal membuka tutup radiator dan melihat volume airnya. 

Apabila masih cukup dan sesuai dengan level normal, maka Anda tidak perlu menambahnya. Namun jika menyaksikan air sudah keruh, Anda bisa sebaiknya lakukan pergantian. 

Selanjutnya, Anda lakukan pengecekan pada komponen tabung air atau reservoir radiator. Sebagai tempat pembuangan air panas, sebaiknya kondisi tabung tidak berada di bawah minimal. 

Jangan sampai juga melakukan pengisian hingga penuh, usahakan tetap menjaga bahwa posisi tabung air senantiasa di batas yang normal. 

Untuk penambahan dan penggantian air radiator, sebaiknya tidak memakai air keran biasa. Pakailah air radiator khusus yang bisa dibeli di bengkel terdekat atau di e-commerce.

 

  • Mengecek Bearing Kaki-kaki Mobil

 

Selain mengecek area mesin dan komponen air radiator, komponen yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek adalah bearing kaki-kaki pada mobil. Terletak di area roda mobil, jika bearing rusak atau pecah hanya akan menghambat kinerja mobil Anda. 

Jangan lupa untuk selalu lakukan pengecekan pada bearing sebelum Anda memulai mudik lebaran. 

Pengecekannya sendiri hanya bisa Anda lakukan di bengkel service kendaraan, sebab membutuhkan banyak peralatan khusus yang komplit. 

Jika bearing sudah aus, maka Anda akan disarankan untuk melakukan pergantian dengan komponen yang baru. Apalagi jika usia kendaraan sudah tua, masalah kerusakan pada bearing kerap ditemui. 

Bagaimana cara mengidentifikasi adanya kerusakan pada komponen bearing? Akan muncul suara bergemuruh yang bersumber pada kaki-kaki mobil Anda. 

Selain itu, laju roda juga menjadi tidak stabil. Jika bearing sampai alami pecah, maka akan membuat kendaraan Anda susah untuk dapat melaju lagi. 

 

 

  • Pemeriksaan Ban dan Komponen Karet Lainnya

 

Tips melakukan service kendaraan sebelum mudik lebaran adalah pemeriksaan di bagian ban mobil. 

Cara mengecek area ban yang paling mudah adalah dengan memperhatikan bagian tapak permukaan ban. Apabila sudah nampak alus atau botak maka saatnya bagi Anda mengganti dengan ban yang baru.

Sebab, ban yang sudah halus akan berkurang daya cengkramnya pada aspal. Bisa saja menjadi penyebab terjadinya selip jika melintasi medan yang licin. Selanjutnya, lakukan pengecekan pula pada tekanan angin di ban kendaraan. 

Anda bisa melakukan penambahan tekanan angin di ban dengan nitrogen untuk hasil yang lebih maksimal. Setiap ban memiliki kapasitas ukuran tekanan angin yang berbeda-beda, pastikan mengisi angin sesuai spesifikasi kebutuhannya.

Selanjutnya, Anda juga tidak boleh sampai kelewatan untuk mengecek karet wiper di bagian depan kaca kendaraan. Jika menemukan karet yang sudah getas, maka perlu lakukan pergantian. 

Selain karetnya, cek juga air wiper, jangan sampai kehabisan. Komponen pada wiper ini akan berguna jika menghadapi perjalanan di tengah hujan, agar dapat memperjelas vision pengemudi.

 

  • Pengecekan Sistem Kelistrikan

Baca Juga : Mengatasi Masalah Pada Kendaraan Ketika Musim Hujan

 

Service kendaraan berikutnya, jangan lupa untuk mengecek sistem kelistrikan. Karena hal ini akan berhubungan dengan lampu dan AC serta media listrik yang ada di kabin mobil. 

Tidak jarang saat perjalanan mudik panjang, Anda membutuhkan hiburan dari radio atau stereo musik. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa AC mobil beroperasi dengan sempurna. Tidak jarang juga Anda melakukan pengisian daya ponsel di mobil Anda. 

Demi kelancaran hal-hal tersebut, sebaiknya Anda benar-benar memastikan bahwa tidak ada masalah dalam aliran listrik kendaraan Anda. 

Jika berurusan dengan listrik maka ada sangkut pautnya juga dengan aki. Pastikan bahwa aki mobil Anda tidak tekor dan dalam kondisi yang baik. Maka sistem kelistrikan juga akan jadi bekerja optimal.

 

  • Jangan Lupa Service Kendaraan Pasca Mudik

 

Tips yang terakhir, tidak hanya melakukan servis jelang berangkat mudik lebaran saja. Setelah menempuh perjalanan yang jauh, mobil Anda tentu membutuhkan pengecekan kembali. 

Jadi, sebaiknya Anda juga tetap melakukan servis setelah mudik. Sebab, bisa saja performa kendaraan Anda berkurang setelah perjalanan ratusan kilometer. 

Untuk mengembalikannya dibutuhkan sentuhan dari ahli yang profesional. Sehingga kendaraan Anda menjadi lebih prima untuk dikemudikan sehari-hari. Selain itu, hal ini berguna agar pola service kendaraan dan pengecekannya juga masih sama.

Mudah bukan untuk melakukan servis kendaraan sebelum perjalanan mudik yang jauh? Kini, saatnya Anda membiasakan servis rutin untuk kendaraan! Untuk melakukannya, Anda dapat membawa Anda pada bengkel resmi Suzuki!

Dengan servis rutin di bengkel resmi terpercaya, maka kendaraan Anda bisa mendapatkan perbaikan minor maupun mayor. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan onderdil atau spare parts original dari Suzuki. 

Demikian informasi seputar tips untuk service kendaraan untuk mudik lebaran. Dengan memahami dan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat melesat bersama kendaraan Anda dengan lancar ketika mudik lebaran!

Berita Lainnya