Tips & Trik

Ini Dia Estimasi Biaya Spooring & Balancing Pada Ban Mobil

26 Januari 2025

account iconAdmin

Spooring Balancing1

Bagikan

Dengan spooring, keseimbangan serta kestabilan mobil dapat ditingkatkan. Selain itu, spooring juga dapat memperpanjang umur pakai ban. 

Hal ini disebabkan upaya tersebut dapat mengurangi gesekan ban terhadap aspal. Spooring juga bisa menghemat bahan bakar.

Biaya spooring sendiri cukup terjangkau untuk satu bannya, yaitu Rp10.000 hingga Rp20.000. Biaya murah tersebut disebabkan oleh lebih mudahnya upaya ini dan tat perlunya peralatan khusus. Waktu pengerjaannya pun cepat, yaitu hingga 1 jam saja.

2. Balancing

Balancing merupakan upaya untuk membuat ban seimbang sehingga dapat berputar dengan lancar dan tak bergetar bila digunakan. Dengan upaya ini, usia ban dapat diperpanjang. Kenyamanan serta keamanan mengemudi pun dapat ditingkatkan.

Di antara kedua biaya spooring & balancing, balancing memang mempunyai harga yang paling mahal, yaitu Rp90.000 hingga Rp150.000 untuk satu ban. Selain itu, ada juga biaya untuk menyesuaikan dan memeriksa bobot velg sebesar Rp40.000 per ban.

Waktu pengerjaan balancing kurang lebih sama dengan spooring, yaitu hingga satu jam. Bagaimanapun juga, waktu pengerjaan unik bisa berbeda tergantung pada tingkat kerumitan dan kondisi mobil.

Baca Juga : Mengenal Situasi Berputarnya Kipas Radiator Mobil

Biasanya, upaya ini bisa dilakukan setiap enam bulan hingga setahun sekali atau setiap 10.000 kilometer sekali. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan tingkat penggunaan mobil.

Meski demikian, Anda bisa segera melakukan upaya ini bila terjadi kerusakan pada ban atau mobil tak terasa nyaman saat dikendarai. Hal ini untuk menghindari masalah yang lebih parah di kemudian hari.

Proses Spooring dan Balancing

Setelah mengetahui biaya spooring & balancing, apakah Anda bertanya-tanya mengenai cara mekanik melakukannya? Bila iya, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Proses Spooring

Saat melakukan spooring, mekanik akan menyesuaikan sudut kemiringan ban belakang dan depan serta posisinya terhadap kendaraan. Penyesuaian sudut ini dilakukan dengan alat pengukur bernama toe-in meter.

Alat tersebut digunakan untuk memastikan ban berputar sejajar dengan sumbu mobil dan pada bidang yang sama.

2. Proses Balancing

Pricelist Icon Price List Dealer Halo Suzuki Icon Halo Suzuki Test Drive/Ride
Chat