Tips & Trik

Hati-Hati! Ini Efek Tekanan Angin Ban Motor Terlalu Tinggi

PUBLISHED DATE : 14 September 2023

Tekanan Angin Ban Motor

Langkah-langkah sederhana dalam mengukur dan mengatur tekanan angin ban pada motor dapat memiliki dampak besar pada kinerja dan keselamatan berkendara Anda. 

Bagaimana cara memastikan tekanan angin ban pada motor berada dalam kisaran yang tepat?

  • Pertama, miliki alat pengukur tekanan angin yang dapat membantu mengukur tekanan pada ban. Lakukan pengukuran tekanan angin pada ban motor ketika kondisi ban dalam keadaan dingin.
  • Pastikan untuk memeriksa tekanan pada ban depan dan belakang, karena tekanannya mungkin berbeda.

Jika tekanan angin ban motor matic Anda terlalu tinggi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan sedikit udara dari ban. Gunakan alat pengukur tekanan angin yang akurat untuk memastikan tekanan yang sesuai.

Sebaliknya jika tekanan angin ban terlalu rendah, tambahkan udara hingga mencapai tekanan yang disarankan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan pompa udara yang biasa tersedia di bengkel atau stasiun layanan. 

Tips Menjaga Tekanan Angin pada Ban Motor

Berapa kali harus isi angin ban motor? Agar ban motor Anda selalu dalam performa yang baik, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Pastikan untuk menjaga tekanan angin ban motor 90/80 yang tepat pada kedua ban, baik ban depan maupun belakang.
  2. Selalu periksa tekanan pada ban sebelum memulai perjalanan, terutama jika motor tidak digunakan dalam waktu yang lama.
  3. Tekanan angin dalam ban dapat berfluktuasi tergantung pada suhu, jadi periksa secara berkala untuk memastikan tekanan angin ban yang tepat sepanjang waktu.
  4. Dengan menjaga tekanan angin yang sesuai, akan memaksimalkan kinerja motor dan meminimalkan risiko terjadinya masalah yang berkaitan dengan tekanan angin ban. 

Ini adalah langkah sederhana namun penting dalam perawatan motor, yang akan membantu dalam menghindari masalah yang dapat timbul akibat tekanan angin yang tidak sesuai. 

Baca Juga : Tips Aman Naik Motor untuk Wanita Berhijab

Selalu ingat bahwa tekanan angin yang tepat pada ban motor adalah salah satu faktor kunci dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Manfaat Menjaga Tekanan Angin yang Sesuai

Menjaga tekanan angin yang sesuai pada ban motor memiliki manfaat yang signifikan. Ini tidak hanya meningkatkan traksi dan pengereman, tetapi juga memperpanjang umur ban. 

Jadi, pastikan untuk memeriksa dan mengatur tekanan angin ban pada motor Anda secara teratur. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dan lebih nyaman dengan menggunakan motor.

Jangan lupa untuk mengacu pada buku panduan pemilik motor untuk mengetahui rekomendasi tekanan angin yang tepat. 

Penutup

Semakin Anda peduli terhadap tekanan angin ban motor Anda, semakin baik kinerja dan keamanan kendaraan. Hati-hati di jalan!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya