Tips & Trik

Hati-Hati! Ini Efek Tekanan Angin Ban Motor Terlalu Tinggi

PUBLISHED DATE : 14 September 2023

Tekanan Angin Ban Motor

Ketika membicarakan perawatan motor, seringkali hal yang paling terlihat adalah perawatan mesin, sistem kelistrikan, atau bahkan tampilan luar motor. Namun, ada satu aspek yang sering terlupakan, yaitu tekanan angin ban motor. 

Inilah pentingnya menjaga tekanan angin yang tepat pada ban motor. Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai mengapa memberikan tekanan angin ban motor terlalu tinggi tidak dianjurkan, dan apa yang bisa terjadi jika tekanan angin terlalu tinggi.

Mengapa Tekanan Angin yang Tepat pada Ban Motor Sangat Penting

Salah satu hal pertama yang perlu dipahami adalah mengapa tekanan angin yang tepat pada ban motor sangat penting. Ini bukan hanya tentang kenyamanan berkendara, tetapi juga tentang keamanan dan umur ban. 

 

  • Berapa Tekanan Angin pada Ban Motor yang Baik?

 

Pertanyaan pertama yang sering diajukan adalah, "Berapa tekanan angin yang baik untuk ban motor saya?" Jawabannya yang ditemukan pun beragam. Tergantung ukuran, jenis dan merk ban motor yang digunakan. 

Berapa tekanan angin ban motor depan dan belakang? Biasanya, tekanan angin yang disarankan dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik motor Anda. 

Baca Juga : Peran Penting Muffler dalam Sistem Knalpot Mobil

Contohnya, ukuran tekanan angin ban motor tubeless memiliki tekanan angin ban depan sekitar 30-32 psi (pound per square inch) dan ban belakang sekitar 32-36 psi. Apa itu psi tekanan angin?

psi adalah singkatan dari "Pound per Square Inch," yang merupakan satuan pengukuran tekanan angin pada ban kendaraan, termasuk sepeda motor, mobil, dan sepeda. 

Ini mengukur banyak tekanan angin yang ada pada ban per satuan luas permukaan dalam bentuk persegi inci.

Tanda-Tanda Ban Terlalu Kencang

Bagaimana cara mengetahui jika ban motor terlalu kencang? Ada beberapa tanda yang bisa membantu untuk mengidentifikasinya. Salah satunya adalah traksi yang buruk.

1. Berkendara Menjadi Tidak Terkendali 

Ketika tekanan angin ban motor terlalu tinggi, ban cenderung meluncur saat melintasi permukaan yang licin atau berbatu. Ini dapat mengurangi traksi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain itu, pengereman juga bisa menjadi masalah. Tekanan angin ban motor matic yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban mengunci lebih cepat saat mengerem, yang dapat berdampak buruk pada kontrol kendaraan.

2. Tekanan Angin Menyebabkan Ban Aus

Apakah akibatnya jika tekanan angin ban terlalu tinggi? Dampak lain dari tekanan angin ban motor terlalu tinggi adalah keausan ban yang tidak merata. 

Ban akan mengenai bagian tengah dengan lebih banyak tekanan daripada bagian tepi, yang dapat mengurangi umur ban secara signifikan.

Keausan ban yang tidak merata adalah salah satu dampak serius dari tekanan angin yang terlalu tinggi pada ban motor. Ini terjadi karena tekanan angin yang berlebihan membuat ban mengenai permukaan jalan dengan cara yang tidak merata. 

Bagian tengah ban akan menerima lebih banyak tekanan daripada bagian tepi, dan ini dapat mengakibatkan perbedaan dalam pola keausan.

Dalam jangka panjang, keausan yang tidak merata ini dapat mengurangi umur ban secara signifikan. Ban yang mengalami keausan tidak merata akan lebih cepat mengalami kerusakan, seperti retak-retak atau benjolan pada permukaan ban. 

Hal ini bukan hanya berdampak pada kinerja ban, tetapi juga bisa berpotensi membahayakan keselamatan berkendara.

3. Motor Mudah Goyang

Selain itu, ketidakmerataan dalam keausan ban dapat mempengaruhi keseimbangan dan kestabilan motor. Motor mungkin menjadi sulit untuk dikendalikan dan bisa lebih rentan terhadap kecelakaan. 

Oleh karena itu, menjaga tekanan angin yang sesuai pada ban motor sangat penting untuk memastikan umur panjang ban dan keselamatan berkendara.

Selalu periksa dan ukur tekanan angin pada ban motor sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang tertera dalam buku panduan pemilik motor.

Dengan demikian, dapat menghindari risiko keausan yang tidak merata dan memastikan performa serta keamanan berkendara yang optimal.

Mengukur dan Mengatur Tekanan Angin dengan Benar

Langkah-langkah sederhana dalam mengukur dan mengatur tekanan angin ban pada motor dapat memiliki dampak besar pada kinerja dan keselamatan berkendara Anda. 

Bagaimana cara memastikan tekanan angin ban pada motor berada dalam kisaran yang tepat?

  • Pertama, miliki alat pengukur tekanan angin yang dapat membantu mengukur tekanan pada ban. Lakukan pengukuran tekanan angin pada ban motor ketika kondisi ban dalam keadaan dingin.
  • Pastikan untuk memeriksa tekanan pada ban depan dan belakang, karena tekanannya mungkin berbeda.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Jika tekanan angin ban motor matic Anda terlalu tinggi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan sedikit udara dari ban. Gunakan alat pengukur tekanan angin yang akurat untuk memastikan tekanan yang sesuai.

Sebaliknya jika tekanan angin ban terlalu rendah, tambahkan udara hingga mencapai tekanan yang disarankan. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan pompa udara yang biasa tersedia di bengkel atau stasiun layanan. 

Tips Menjaga Tekanan Angin pada Ban Motor

Berapa kali harus isi angin ban motor? Agar ban motor Anda selalu dalam performa yang baik, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Pastikan untuk menjaga tekanan angin ban motor 90/80 yang tepat pada kedua ban, baik ban depan maupun belakang.
  2. Selalu periksa tekanan pada ban sebelum memulai perjalanan, terutama jika motor tidak digunakan dalam waktu yang lama.
  3. Tekanan angin dalam ban dapat berfluktuasi tergantung pada suhu, jadi periksa secara berkala untuk memastikan tekanan angin ban yang tepat sepanjang waktu.
  4. Dengan menjaga tekanan angin yang sesuai, akan memaksimalkan kinerja motor dan meminimalkan risiko terjadinya masalah yang berkaitan dengan tekanan angin ban. 

Ini adalah langkah sederhana namun penting dalam perawatan motor, yang akan membantu dalam menghindari masalah yang dapat timbul akibat tekanan angin yang tidak sesuai. 

Selalu ingat bahwa tekanan angin yang tepat pada ban motor adalah salah satu faktor kunci dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Manfaat Menjaga Tekanan Angin yang Sesuai

Menjaga tekanan angin yang sesuai pada ban motor memiliki manfaat yang signifikan. Ini tidak hanya meningkatkan traksi dan pengereman, tetapi juga memperpanjang umur ban. 

Jadi, pastikan untuk memeriksa dan mengatur tekanan angin ban pada motor Anda secara teratur. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dan lebih nyaman dengan menggunakan motor.

Jangan lupa untuk mengacu pada buku panduan pemilik motor untuk mengetahui rekomendasi tekanan angin yang tepat. 

Penutup

Semakin Anda peduli terhadap tekanan angin ban motor Anda, semakin baik kinerja dan keamanan kendaraan. Hati-hati di jalan!

Berita Lainnya

Mengisi Bensin

Hati-Hati! Ini Dampak Bensin Basi

Apakah bensin bisa basi? Ya, ternyata bensin juga bisa basi atau kadaluarsa. Namun, yang dimaksud bensin basi tentu berbeda dengan definisi basi pada makanan atau minuman. Salah sa...

selengkapnya