Tips & Trik

Hati-Hati! Ini Efek Tekanan Angin Ban Motor Terlalu Tinggi

PUBLISHED DATE : 14 September 2023

Tekanan Angin Ban Motor

 

  • Berapa Tekanan Angin pada Ban Motor yang Baik?

 

Pertanyaan pertama yang sering diajukan adalah, "Berapa tekanan angin yang baik untuk ban motor saya?" Jawabannya yang ditemukan pun beragam. Tergantung ukuran, jenis dan merk ban motor yang digunakan. 

Berapa tekanan angin ban motor depan dan belakang? Biasanya, tekanan angin yang disarankan dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik motor Anda. 

Contohnya, ukuran tekanan angin ban motor tubeless memiliki tekanan angin ban depan sekitar 30-32 psi (pound per square inch) dan ban belakang sekitar 32-36 psi. Apa itu psi tekanan angin?

Baca Juga : Cari Tahu Trik Menjadikan Mesin Perahu Tempel Lebih Hemat Energi

psi adalah singkatan dari "Pound per Square Inch," yang merupakan satuan pengukuran tekanan angin pada ban kendaraan, termasuk sepeda motor, mobil, dan sepeda. 

Ini mengukur banyak tekanan angin yang ada pada ban per satuan luas permukaan dalam bentuk persegi inci.

Tanda-Tanda Ban Terlalu Kencang

Bagaimana cara mengetahui jika ban motor terlalu kencang? Ada beberapa tanda yang bisa membantu untuk mengidentifikasinya. Salah satunya adalah traksi yang buruk.

1. Berkendara Menjadi Tidak Terkendali 

Ketika tekanan angin ban motor terlalu tinggi, ban cenderung meluncur saat melintasi permukaan yang licin atau berbatu. Ini dapat mengurangi traksi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain itu, pengereman juga bisa menjadi masalah. Tekanan angin ban motor matic yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban mengunci lebih cepat saat mengerem, yang dapat berdampak buruk pada kontrol kendaraan.

2. Tekanan Angin Menyebabkan Ban Aus

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya