Tips & Trik

Harus Tahu, Begini Cara Cek Oli Motor Kamu

PUBLISHED DATE : 17 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/66323264_s.jpg

Langkah dalam cara mengecek oli motor yang selanjutnya adalah dengan memarkir motor dengan posisi tegak dengan menggunakan standar tengah.

Langkah ini bertujuan untuk membuat kendaraan dalam posisi tegak dan sejajar, sehingga posisi permukaan oli dalam mesin juga sejajar.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengetahui keadaan oli apakah masih bisa dan cukup digunakan atau tidak, adalah dengan melihat permukaannya.

Oleh karena itu, posisi permukaan oli juga harus rata, dan syaratnya adalah posisi motor juga harus dalam keadaan sejajar.

Memarkir motor dengan standar samping, akan menyebabkan posisi motor tidak tegak dan sejajar. Apabila motor berada pada posisi tersebut, maka secara otomatis permukaan oli di dalam mesin juga tidak rata atau miring.

Posisi motor yang tidak tegak atau miring akan membuat posisi permukaan oli motor juga miring.

Hal ini tentunya tidak bisa digunakan untuk mengetahui kondisi oli  motor, karena permukaan oli juga tidak rata atau miring. Mengecek oli motor dengan posisi tersebut, hasilnya tentu tidak akan akurat.

Dinginkan Dahulu Mesin 

Melakukan pengecekan terhadap oli motor akan memberikan hasil yang akurat apabila mesin motor dalam keadaan dingin. Oleh karena itu sebelum melakukan pengecekan terhadap oli motor, sebaiknya kondisi mesin motor dalam keadaan dingin.

Pengecekan terhadap oli motor bisa mendapatkan hasil yang akurat dengan melihat permukaan oli motor.

Apabila permukaan oli berada di atas garis batas, artinya oli masih cukup untuk digunakan. Sebaliknya, apabila permukaan oli berada di bawah garis, maka volume oli harus segera ditambah.

Pada saat mesin motor bekerja, biasanya oli langsung bekerja dengan membasahi seluruh bagian dari mesin motor.

Pada saat ini, otomatis posisi oli menyebar di seluruh bagian mesin, sehingga tidak bisa diketahui seberapa tinggi permukaan oli yang sebenarnya.

Oleh karena itu, cara cek oli motor yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya menunggu mesin hingga benar-benar dingin. Sehingga seluruh oli yang berada pada bagian mesin bisa berkumpul menjadi satu, dan diketahui tinggi permukaan oli yang sebenarnya.

29651708_s

Buka Tutup Oli

Oli motor berada pada tempat tertutup di dalam mesin motor. Hal ini berfungsi agar oli tidak merembes atau tumpah kemana-kemana karena adanya gerakan dan goncangan. 

Tentunya tempat oli motor tersebut memiliki tutup untuk menjaga agar oli tidak tumpah kemana-mana.

Untuk bisa melihat kondisi oli, yang pertama harus dilakukan adalah dengan membuka tutup tempat oli, sehingga bisa mengetahui kondisi oli di dalamnya. Membuka tutup oli motor sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, agar tutup oli tidak rusak.

Membuka tutup oli biasanya dilakukan dengan bantuan alat berupa tang. Alat ini yang biasanya akan rentan menyebabkan kerusakan pada tutup oli apabila dilakukan dengan tidak hati-hati.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya