Tips & Trik

Harus Rajin, Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis

PUBLISHED DATE : 24 Februari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Next2_(3).jpg

Dalam penggunaannya, ada berbagai penyebab oli motor cepat habis yang bisa berakibat fatal pada mesin kendaraan, sehingga dapat mengganggu perjalanan . 

Oli merupakan bagian penting dari motor yang menjaga mesin kendaraan, dan akan berbahaya jika cepat habis. Dalam hal ini, ada berbagai penyebab oli motor cepat habis yang bisa berakibat fatal pada mesin kendaraan, sehingga dapat mengganggu perjalanan.

Setiap penyebab oli motor menjadi cepat habis mempunyai solusi masing-masing agar keadaan bisa kembali membaik.

Baca Juga : Pengaruh Penggunaan Bahan Knalpot Motor, Pada Suara Atau Performa?

Berikut adalah ulasan lengkap terkait apa saja penyebab oli motor cepat habis beserta solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut agar tidak merusak mesin.

 

Next2__2_

Baca Juga : Manfaat Pembilasan Oli pada Motor yang Terendam Banjir

 

Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Terjadi Kebocoran Pada Seal Oli

Hal pertama yang yang bisa menyebabkan oli motor menjadi cepat habis adalah terjadinya kebocoran pada seal. Kebocoran tersebut dapat dipengaruhi oleh usia seal oli yang sudah lama, sehingga bisa mengalami pengeroposan atau sudah tidak rapat lagi.

Baca Juga : Apa Itu Tune Up Motor? Ayo Cari Tahu

Seal oli juga bisa mengalami kebocoran karena pengisian cairannya melebihi kapasitas. Oli yang berlebih tersebut akan menyebar ke ruang karburator dan bagian filter udara. Cairan oli yang masuk ke daerah karburator akan terbakar, sehingga knalpot akan menghasilkan asap berwarna putih.

Solusi yang tepat untuk mengatasi kebocoran pada seal oli tersebut adalah melakukan pemeriksaan sebelum pemasangan.

Pastikan pemasangan seal oli dilakukan dengan benar supaya bisa pas dan mempunyai daya cengkram kuat guna menghindari kebocoran.

Pastikan seal oli yang akan dipasang tidak dalam kondisi penyok supaya diameternya tidak berubah.

Selanjutnya, tuangkan oli dengan takaran yang sudah ditentukan agar sesuai dengan kapasitas seal, sehingga tidak membuat cairan merembes ke bagian mesin lainnya.

Motor Digunakan Dengan Tidak Normal

Penggunaan motor secara tidak normal merupakan faktor berikutnya yang menyebabkan cairan oli menjadi cepat habis. Motor yang sering dikendarai secara ugal-ugalan akan membuat cairan olinya cepat habis, sehingga menimbulkan masalah pada mesin.

Mengendarai sepeda motor dengan gas penuh juga akan membuat oli motor cepat berkurang, akibat adanya pergerakan throttle tanpa aturan. Motor yang dikendarai secara kasar akan membuat mesinnya cepat panas, sehingga berakibat pada oli mesin menjadi cepat menguap.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya