Tips & Trik

Ganti Filter Bensin untuk Jaga Performa Kendaraan

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2023

Filter Bensin Mobil

Gunakan tang jika diperlukan, tetapi berhati-hatilah untuk tidak menekan terlalu kuat karena bisa menyebabkan kerusakan. Selalu ingat untuk menempatkan mangkuk atau ember di bawah area kerja untuk menangkap bahan bakar yang mungkin tumpah.

6. Mengeluarkan Filter Lama, Bandingkan dengan yang Baru

Geser filter bahan bakar keluar dari bracket-nya. Bandingkan dengan filter baru untuk memastikan ukuran dan bentuknya sama. Soalnya, perbedaan kecil bisa menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar, jadi jangan abaikan langkah ganti filter bensin ini.

7. Memasang Filter Baru ke Bracket

Geser filter bahan bakar baru ke dalam bracket dengan hati-hati. Jangan memaksanya; jika terlalu ketat, periksa kembali ukurannya. Pemasangan yang benar akan memastikan filter bekerja dengan efisien dan tanpa kebocoran.

8. Menyambungkan Filter dengan Saluran Bahan Bakar

Rapatkan filter bensin pada saluran dengan hati-hati. Selipkan klip plastik melalui lubang nozel bahan bakar untuk merapatkan sambungan. Pastikan klip tidak patah dan sambungan aman untuk mencegah kebocoran di masa depan.

9. Menurunkan Kendaraan dan Menghubungkan Kembali Baterai

Turunkan kendaraan dari stan dongkrak dengan hati-hati. Sambungkan kembali baterai, dan pastikan semua komponen terpasang kembali dengan benar.

10. Mengeluarkan Udara yang Terperangkap (Proses Bleeding)

Nyalakan mesin dan biarkan menyala selama 1-2 menit. Proses bleeding ini dilakukan untuk memastikan sistem bahan bakar mobil bebas dari udara yang terjebak.

Baca Juga : Ini Dia 6 Barang Yang Wajib Ada Di Bagasi Motor

Soalnya, kehadiran udara dalam sistem bahan bakar bisa menyebabkan gejala tidak normal, seperti mesin tersendat-sendat, kehilangan tenaga, atau bahkan mati mendadak.

11. Menyalakan Mesin Mobil Kembali

Setelah semua langkah ganti filter bensin selesai, periksa kembali apakah ada kebocoran atau masalah lain. Uji coba kendaraan, seperti membawanya keliling kompleks perumahan sebentar, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

Demikianlah tanda-tanda dan cara lengkap untuk mengganti filter bahan bakar. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk produsen mobil Anda dan menggunakan alat yang tepat agar proses berjalan dengan aman dan efisien.

Jika Anda ragu untuk mengganti filter bahan bakar sendiri atau mobil membutuhkan perawatan berkala lainnya, gunakan layanan servis dari Suzuki dan dapatkan informasi eParts Suzuki disini

Dengan teknisi yang andal dan peralatan terkini, Suzuki menawarkan layanan terbaik untuk kendaraan Anda. Kunjungi halaman Suzuki Services untuk mengetahui estimasi biaya ganti filter bensin dan membuat janji servis Anda hari ini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Ban Mobil Pecah

Penanganan Ketika Ban Mobil Pecah

Ban mobil pecah di tengah jalan bisa menimbulkan kepanikan dan mengundang bahaya. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, masih banyak pengendara yang merasa tidak siap dan bingung harus ...

selengkapnya