Tips & Trik

Ganti Filter Bensin untuk Jaga Performa Kendaraan

PUBLISHED DATE : 25 Agustus 2023

Filter Bensin Mobil

Dengan mengganti filter bahan bakar pada interval yang tepat, Anda dapat menghindari masalah ini dan memastikan kendaraan Anda berjalan dengan efisien maksimal.

Umumnya, filter bensin perlu diganti setiap 40.000 hingga 100.000 kilometer, tergantung pada jenis kendaraan dan kondisi penggunaan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan mekanik profesional untuk mengetahui kapan filter mobil harus diganti.

Tanda-tanda Filter Bensin Mobil Perlu Diganti

Selain berdasarkan pada jarak penggunaan, ada 4 tanda-tanda yang menunjukkan filter bensin mobil harus diganti.

  • Lampu Indikator Check Engine Menyala

Lampu peringatan ini mungkin menyala karena aliran bahan bakar yang terhambat akibat filter tersumbat. Ini adalah sinyal awal bahwa sesuatu mungkin tidak beres dengan sistem bahan bakar mobil, termasuk filter.

  • Mobil Kehilangan Tenaga

Filter bensin yang tersumbat akan menghambat aliran bensin yang cukup ke mesin, sehingga menyebabkan kendaraan berjalan lambat atau bahkan mogok. Jika Anda merasa mobil lebih lamban dari biasanya, ini bisa jadi tanda bahwa filter perlu diganti.

  • Penggunaan Bahan Bakar Menjadi Semakin Tidak Efisien

Efisiensi bahan bakar yang menurun bisa jadi indikator dari filter bensin yang tersumbat. Filter yang berfungsi dengan baik akan memastikan bahwa bahan bakar disalurkan ke mesin dengan cara yang paling efisien.

  • Mobil Gagal Menyala Ketika Anda Start

Baca Juga : Panduan Memilih Mobil Keluarga Terbaik

Filter bahan bakar yang benar-benar tersumbat bisa menghentikan aliran bensin sepenuhnya.

Hal ini mengakibatkan mesin kendaraan tidak mendapat bahan bakar yang cukup untuk menyala, bahkan mesin bisa mati secara tiba-tiba dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Langkah Ganti Filter Bensin Mobil dengan Benar

Ada 11 langkah yang harus diikuti untuk mengganti filter bahan bakar mobil. Setiap langkah harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kecelakaan.

1. Menyiapkan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, siapkan alat yang diperlukan seperti tang, obeng kepala pipih, dongkrak, dan mangkuk atau ember untuk menampung bahan bakar yang tumpah. 

Pastikan semua alat berada dalam kondisi baik dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

2. Memutuskan Sambungan Baterai

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Knalpot Motor

Tips Memilih Knalpot Motor

Knalpot motor memiliki peran yang tak terbantahkan dalam memberikan kontribusi terhadap performa dan suara kendaraan. Seiring perkembangan teknologi dan inovasi, pemilihan knalpot ...

selengkapnya