Tips & Trik

Fungsi Lampu Rem Pada Kendaraan dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_Ignis_(1)_(1)1.jpg

    2. Fuse 

Terdapat juga komponen fuse atau sekering di dalamnya yang fungsinya adalah untuk mengamankan sistem kelistrikan. Fuse perannya sangat besar karena kapan saja bisa terjadi hubungan arus pendek atau korsleting. 

Adanya korsleting ini bisa merusak komponen lainnya termasuk lampu rem sehingga tidak dapat bekerja kembali. Ketika korsleting terjadi maka akan lebih banyak komponen yang perlu diperbaiki. 

Sekering akan mencegah terjadinya korsleting, apabila hubungan arus terlalu besar yang terjadi adalah sekering putus.

    3. Pedal Rem 

Lampu rem tidak akan menyala jika Anda tidak menginjak pedal rem. Ada dua fungsi dari pedal rem yaitu untuk melakukan pengereman dan kedua untuk menyalakan lampu rem. 

Pada mobil jenis transmisi di tengah biasanya pedal rem berada di sisi kiri dan mobil biasa pedal rem berada di sisi kanan. 

    4. Saklar rem 

Saklar rem atau brake switch merupakan komponen yang fungsinya sebagai penghubung dari baterai ke beban. Selain menghubungkan, saklar rem juga bisa memutuskan arus listrik. 

Fungsinya sangat penting untuk pengendali arus dari baterai ke lampu rem. Ada dua tipe saklar rem yang digunakan pada mobil yaitu saklar hidrolik dan mekanik. 

Saklar hidrolik dipasang pada bagian master silinder rem dan terhubung jika terdapat tekanan minyak rem di master silinder. Tekanan minyak rem ini harus mencapai 0,5 bar atau 1,5 bar. 

Sedangkan saklar mekanik pemasangannya ada di pedal rem jadi ketika pedal diinjak maka saklar akan langsung terhubung.

    5. Lampu Rem 

Fungsi lampu rem tentu saja tidak akan bekerja jika tidak terdapat komponen lampu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lampu inilah yang akan bekerja untuk menghasilkan cahaya ketika pengereman dilakukan. 

Biasanya lampu ini menjadi satu dengan lampu kota dan diletakkan pada bagian belakang mobil. Jenis bohlam yang digunakan memiliki dua filamen. Proses menyala dari lampu ini diakibatkan adanya panas dari filamen dan mampu menyalakan lampu yang lebih terang.

    6. Kabel 

Semua sistem kelistrikan membutuhkan kabel yang akan menghantarkan arus listrik antar komponennya. Biasanya kabel ini jumlahnya ada begitu banyak yang menghubungkan dari sumber listrik ke masing-masing beban termasuk lampu rem.

Mengenali Rangkaian Kelistrikan pada Lampu Rem Mobil 

Sistem kelistrikan tidak terlepas dari rangkaian, khusus untuk lampu rem terdapat dua metode. Pertama adalah lampu rem pengendali positif tanpa relay, kedua adalah menggunakan relay. 

Penjelasan dari masing-masing metode tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Rangkaian Kelistrikan Lampu Rem Tanpa Relay 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya