Tips & Trik

Fungsi Lampu Rem Pada Kendaraan dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_Ignis_(1)_(1)1.jpg

Lampu pada mobil tidak hanya berfungsi untuk penerangan saja, beberapa jenis lampu memiliki arti yang lain. Contohnya saja lampu rem yang berada di bagian belakang mobil. 

Fungsi lampu rem atau yang disebut dengan brake lamp ini tak bisa dianggap remeh. Jika Anda tidak menjaga agar lampu ini senantiasa menyala, maka bisa menimbulkan kecelakaan ketika berkendara. 

Apa fungsi dari lampu rem pada mobil? Apa saja komponen lampu rem yang harus diperhatikan? 

Fungsi Lampu Rem pada Mobil 

Baca Juga : Apa Itu Wax Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Jenisnya

Brake light hanya terletak pada bagian belakang mobil saja di samping kiri dan kanan. Anda akan dengan mudah menemukannya karena letaknya sama dengan lampu kota yang berwarna merah. 

Pada saat mobil dinyalakan maka lampu kota bagian belakang akan menyala tapi cenderung redup. Sedangkan pada saat Anda menginjak rem maka lampu akan menyala lebih terang. 

Hal ini disebabkan daya dari lampu rem yang menyala ketika diinjak ini lebih besar dibandingkan lampu kota. Fungsi lampu rem ini bisa dilihat dari terang warnanya yaitu sebagai tanda pada pengemudi di belakang mobil. 

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

Isyaratnya adalah mobil akan melakukan pengereman sehingga pengemudi di belakang juga harus berhati-hati, mengurangi kecepatan dan mengerem. Fungsi ini tentu saja bertujuan untuk menghindari kecelakaan. 

Apabila tidak ada lampu rem ini, maka pengemudi di belakang mobil tidak akan siap melakukan pengereman dan bisa terjadi tabrakan. Pada saat Anda melepas injakan rem maka lampu rem otomatis akan mati dan yang menyala hanya lampu kota. 

Pencahayaan lampu rem yang terang ini tidak hanya bisa dikenali saat malam tetapi juga siang hari. Keamanan berkendara pun akan lebih terjaga ketika Anda rutin mengecek apakah lampu tetap bekerja dengan baik. 

Baca Juga : Agar Awet, Jangan Bersihkan Jok Bahan Fabric Dengan Cara Ini!

Pada saat servis, teknisi akan mengecek apakah fungsi lampu rem pada mobil Anda akan bekerja dengan baik. Karena letak dari lampu lem ini menjadi satu dengan lampu kota. Satu bohlam di bagian lampu belakang mobil memiliki dua filament atau kawat pijar. 

Dua filament ini akan memenuhi fungsinya sebagai lampu kota dan juga lampu rem. Bagaimana lampu rem ini bisa bekerja tidak terlepas dari komponen yang saling berkaitan.

Suzuki_Ignis__2_

Komponen-Komponen pada Lampu Rem 

Lampu rem terhubung dengan rangkaian kelistrikan, karena lampu hanya akan menyala ketika mendapatkan daya listrik. Terdapat rangkaian di dalamnya yang membuat lampu menyala ketika Anda menginjak pedal rem. 

Apa saja komponennya akan dijelaskan berikut ini. 

    1. Baterai 

Merupakan komponen utama yang bekerja untuk menyediakan daya listrik sehingga sistem penerangan secara keseluruhan pada mobil akan menyala. Baterai yang dimaksud adalah accu mobil yang berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan daya. 

Accu juga akan mengalirkan listrik untuk membuat lampu rem menyala ketika pengemudi menginjak rem. Tanpa ada baterai maka fungsi lampu rem tidak akan bekerja. 

    2. Fuse 

Terdapat juga komponen fuse atau sekering di dalamnya yang fungsinya adalah untuk mengamankan sistem kelistrikan. Fuse perannya sangat besar karena kapan saja bisa terjadi hubungan arus pendek atau korsleting. 

Adanya korsleting ini bisa merusak komponen lainnya termasuk lampu rem sehingga tidak dapat bekerja kembali. Ketika korsleting terjadi maka akan lebih banyak komponen yang perlu diperbaiki. 

Sekering akan mencegah terjadinya korsleting, apabila hubungan arus terlalu besar yang terjadi adalah sekering putus.

    3. Pedal Rem 

Lampu rem tidak akan menyala jika Anda tidak menginjak pedal rem. Ada dua fungsi dari pedal rem yaitu untuk melakukan pengereman dan kedua untuk menyalakan lampu rem. 

Pada mobil jenis transmisi di tengah biasanya pedal rem berada di sisi kiri dan mobil biasa pedal rem berada di sisi kanan. 

    4. Saklar rem 

Saklar rem atau brake switch merupakan komponen yang fungsinya sebagai penghubung dari baterai ke beban. Selain menghubungkan, saklar rem juga bisa memutuskan arus listrik. 

Fungsinya sangat penting untuk pengendali arus dari baterai ke lampu rem. Ada dua tipe saklar rem yang digunakan pada mobil yaitu saklar hidrolik dan mekanik. 

Saklar hidrolik dipasang pada bagian master silinder rem dan terhubung jika terdapat tekanan minyak rem di master silinder. Tekanan minyak rem ini harus mencapai 0,5 bar atau 1,5 bar. 

Sedangkan saklar mekanik pemasangannya ada di pedal rem jadi ketika pedal diinjak maka saklar akan langsung terhubung.

    5. Lampu Rem 

Fungsi lampu rem tentu saja tidak akan bekerja jika tidak terdapat komponen lampu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lampu inilah yang akan bekerja untuk menghasilkan cahaya ketika pengereman dilakukan. 

Biasanya lampu ini menjadi satu dengan lampu kota dan diletakkan pada bagian belakang mobil. Jenis bohlam yang digunakan memiliki dua filamen. Proses menyala dari lampu ini diakibatkan adanya panas dari filamen dan mampu menyalakan lampu yang lebih terang.

    6. Kabel 

Semua sistem kelistrikan membutuhkan kabel yang akan menghantarkan arus listrik antar komponennya. Biasanya kabel ini jumlahnya ada begitu banyak yang menghubungkan dari sumber listrik ke masing-masing beban termasuk lampu rem.

Mengenali Rangkaian Kelistrikan pada Lampu Rem Mobil 

Sistem kelistrikan tidak terlepas dari rangkaian, khusus untuk lampu rem terdapat dua metode. Pertama adalah lampu rem pengendali positif tanpa relay, kedua adalah menggunakan relay. 

Penjelasan dari masing-masing metode tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Rangkaian Kelistrikan Lampu Rem Tanpa Relay 

Para rangkaian ini arus positif yang berasal dari accu akan mengalir ke sekring kemudian arus akan menuju ke saklar. Pada saat pengemudi menginjak rem maka saklar tidak tertekan namun akan menghubungkan arus listrik ke lampu rem. 

Oleh karena itulah lampu rem akan menyala ketika pedal diinjak dan mati ketika dilepaskan. Saat pedal tidak diinjak, posisi dari saklar justru tertekan dan akan memutuskan arus listrik yang menyebabkan lampu rem tidak akan menyala.

    2. Rangkaian Kelistrikan Lampu Rem dengan Relay 

Pada rangkaian dengan relay arus positif yang berasal dari baterai akan dialirkan ke sekring dan masuk ke saklar rem serta terminal 30 relay. Ketika pedal rem diinjak maka saklar rem juga tidak di posisi tertekan yang akan menghubungkan arus ke terminal 85 relay. 

Nantinya kumparan pada relay akan teraliri listrik dan menciptakan gaya elektromagnet yang menyalakan relay dan terminal 30 dan 87 terhubung. Dari sini arus di terminal 39 akan diteruskan menuju lampu rem melalui terminal 87 dan lampu akan menyala. 

Rangkaian kelistrikan pada lampu rem ini memang cukup banyak dan perlu dijaga kualitasnya agar tetap dapat menyala dengan baik. Apabila Anda menemukan masalah pada rangkaian ini atau lampu rem mati, segeralah mengecek di bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Caranya adalah dengan mengunjungi salah satu dari sembilan website yang telah diluncurkan berikut ini. 

  1. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  2. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal, www.suzukiarindo.co.id  
  3. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  4. Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  5. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  6. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta, ww.suzukisumberbaru.co.id 
  7. United Motor Centre (UMC) di Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  8. Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  9. United Indo Bali (UIB) di Bali, www.suzukibali.id 
  10. Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  11.  Sejahtera Armada Trada (SAT) di Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  12.  Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  13.  Duta Cendana Adimandiri (DCA) di Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  14.  Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  15.  Armada Perkasa Mobilindo (APM) di Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  16.  Handijaya Buana Trada (HJBT)  di Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  17.  Sejahtera Buana Trada (SBT) di Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  18.  Indomobil Multi Trada (IMT) di Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  19.  Sun Motor Jakarta (SUN) di Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  20.  Citra Asri Buana (CAB) di Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  21.  Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  22.  Pusaka Motor Utama (PMU) di Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  23.  Restu Mahkota Karya (RMK), www.suzukimahkota.co.id 
  24.  Armada Banda Jaya (ABJ) di Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  25.  Arista Sukses Abadi (ASA MEDAN) di Medan, www.suzukiarista.com 
  26.  Trans Sumatra Andalan (TSA) di Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  27.  Rodamas Makmur Motor (RMM) di Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  28. Arista Sukses Abadi (ASA TP) di Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  29.  Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  30.  Elang Perkasa Motor (EPM) di Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  31.  Jaya Indah Motor (JIM) di Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  32.  Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  33.  Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB)di Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  34.  Jagorawi Motor (JM) di Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  35.  Persada Lampungraya (PLR) di Lampung, www.suzukilampung.co.id 

Setelah memilih salah satu website, Anda tinggal memilih mana bengkel terdekat dan isi formulir untuk booking service. Pilih jadwal service sesuai yang Anda inginkan dan tinggal datang tanpa harus antri lagi. 

Berita Lainnya