Tips & Trik

Cara Merawat Jok Kulit Mobil dengan Mudah agar Awet

PUBLISHED DATE : 13 September 2018

30  Xl 7 (1)

Terbiasa menggunakan lap yang tidak bersih juga kurang baik untuk jok mobil. Anda mungkin menyediakan kanebo, tapi jarang dibersihkan. Masih banyak pasir atau debu yang menempel dari sisa membersihkan area lainnya. 

Pasir tersebut dapat merusak permukaan jok mobil dari kulit dan bekasnya tidak dapat dihilangkan. Sebaiknya Anda menyiapkan lap khusus yang halus dan kering untuk membersihkan jok mobil saja. 

    3. Tidak Memarkir Kendaraan di Area Panas

Cara merawat jok kulit mobil ini terlihat sepele tapi ternyata masih sering diabaikan. Memarkir mobil di area yang panas atau tidak beratap juga menjadi kebiasaan buruk yang harus dihindari. 

Sinar matahari langsung akan membuat kabin mobil suhunya meningkat. Belum lagi paparan sinar UV dari kaca depan mobil akan membuat warna jok kulit semakin memudar. Sedangkan suhu panas akan membuat jok menjadi pecah-pecah. 

    4. Berhenti Makan dan Minum dalam Mobil

Kerusakan pada jok kulit juga sering diakibatkan aktivitas makan dan minum di dalam mobil. Makanan dan minuman yang tumpah di atas jok akan sulit dibersihkan. Noda dari saus atau minuman bersoda akan membuat warna jok menjadi belang. 

Ditambah lagi kabin juga akan muncul bau tidak sedap meskipun Anda sudah menggunakan pewangi. Belum lagi muncul semut atau serangga lainnya. 

    5. Hilangkan Kebiasaan Meletakkan Brosur Sembarangan

Baca Juga : Apa Itu CVT? Ini Perbedaan Mobil Transmisi CVT dan AT

Satu lagi kebiasaan yang masih sering dilakukan adalah menumpuk berkas-berkas atau dokumen kertas di atas jok dalam waktu lama. Ditambah Anda memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung. 

Suhu yang meningkat akan membuat tulisan dari dokumen tersebut tercetak di jok mobil. Bisa juga terjadi ketika suhu terlalu lembab. Jika hal ini sudah terjadi, maka noda tersebut tidak lagi bisa dibersihkan. 

Cara merawat jok kulit mobil sebenarnya tergantung dengan kebiasaan Anda sendiri. Jika ingin jok lebih awet sebaiknya ikuti kesepuluh hal di atas.

Jangan lupa juga jika terdapat masalah pada interior, eksterior dan mesin mobil segera bawa ke bengkel Suzuki terdekat




Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya