Tips & Trik

Cara Merawat Jok Kulit Mobil dengan Mudah agar Awet

PUBLISHED DATE : 13 September 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/30__xl_7_(1).jpg

Semua produk yang menggunakan bahan kulit membutuhkan perawatan yang super ekstra. Khususnya jok mobil yang sering diduduki. Belum lagi jika sering digunakan dengan tidak hati-hati, kerusakan sangat mudah terjadi. 

Meskipun perawatannya ekstra, tapi masih banyak pemilik kendaraan yang memilih jok dari kulit. Alasannya karena tampilannya yang keren, apakah Anda salah satunya? Jika iya, sudahkah Anda merawat jok mobil dengan benar? 

Cara merawat jok kulit mobil yang salah juga bisa menjadi sumber kerusakan. Supaya Anda tidak salah dalam menangani jok dari kulit, ikuti beberapa cara merawatnya yang benar berikut ini. 

  • Menyeka dengan Air dan Lap Bersih

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Benar

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah dengan bahan apa Anda membersihkan jok. Perawatan jok kulit mobil tidak membutuhkan peralatan yang mahal, cukup menggunakan air dan juga lap yang bersih. 

Air tidak langsung disemprotkan ke permukaan jok, melainkan disemprotkan pada kain lap. Peras kain lap sampai kering dan memiliki sedikit kelembaban. Baru kemudian lap area jok, khususnya bagian yang kotor. 

Jika lap terlalu lembab, langsung gunakan lap kering supaya tidak muncul bercak bekas air pada jok. Anda juga bisa membeli pembersih untuk kulit khusus yang banyak dijual di pasaran. Pembersih tersebut juga tidak boleh disemprotkan langsung pada jok. 

Baca Juga : Arti Kode Sekring Mobil dan Cara Membacanya Dengan Mudah

Anda tetap harus menggunakan kain lap untuk aplikasinya. Ketika menggunakan lap, Anda bisa menggosok dengan ringan agar kulit tidak pecah-pecah. 

  • Menggunakan Sikat yang Lembut 

Pada saat terdapat kerak atau kotoran yang cukup lengket untuk dibersihkan dengan kain saja, Anda bisa memanfaatkan sikat yang lembut. Sikat gigi bayi yang cukup lembut bisa dimanfaatkan. 

Cara merawat jok kulit mobil dengan sikat, pertama berikan pembersih pada bulu sikat. Kemudian sikat hanya pada area yang kotor saja dengan ringan. Tidak perlu dengan tekanan seperti membersihkan kerak yang keras. 

Baca Juga : Mesin Kotor? Ini Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Sikat hanya dilakukan searah saja agar hasilnya maksimal. Pada saat kotoran sudah mulai terangkat, Anda bisa menggunakan lap untuk membersihkannya. Jika masih ada sisa kotoran tipis, ulangi menyikat sampai benar-benar bersih. 

Terakhir pastikan bahwa kondisi jok kulit sudah benar-benar kering. Jangan biarkan tersisa deterjen pembersih karena bisa menimbulkan jamur. 

  • Manfaatkan Shampo atau Sabun Bayi

Apabila hanya menggunakan air saja kotoran tidak terangkat dan Anda kesulitan mendapat pembersih khusus untuk jok mobil, shampo atau sabun bayi bisa dimanfaatkan. Sabun khusus bayi ini memiliki pH yang seimbang dan tingkat keasamannya rendah. 

Oleh karena itu, bahan ini sangat aman digunakan untuk bahan kulit yang cukup sensitif. Usai menggunakan shampo atau sabun bayi jok mobil biasanya akan menurun tingkat kilapnya dan lebih banyak orang yang menyukai efek ini. 

Cara merawat jok kulit mobil dengan shampo atau sabun bayi masih memanfaatkan kain lap. Anda bisa membasahi kain dengan bahan pembersih ini dan cukup usapkan dengan ringkan pada seluruh permukaan jok. Terakhir keringkan jok kulit agar terhindar dari jamur. 

  • Membersihkan dengan Kanebo

Ada juga cara lain untuk membersihkan jok ketika muncul debu kering yang cukup membandel. Jika hanya menggunakan kain lembut saja tidak berhasil, maka Anda bisa memanfaatkan kanebo. 

Kain ini memiliki bahan yang mampu menyerap kotoran yang lembab dengan sempurna. Kain asal Jepang ini wajib Anda miliki, karena fungsinya tak hanya untuk membersihkan jok tetapi hampir seluruh interior mobil. 

Pada saat jok kotor, cukup lap dengan kanebo. Kemudian cuci kanebo dan peras. Simpan kanebo dalam wadahnya supaya tidak mengering dan keras. Kanebo yang sudah kering tidak dapat digunakan kembali dengan maksimal. 

  • Jangan Lupa Memoles Jok

Cara merawat jok kulit mobil yang terakhir adalah dengan rutin memolesnya. Bagi Anda yang mendambakan tampilan jok mengkilap maka harus menggunakan bahan poles khusus kulit. Bahan poles ini biasanya juga digunakan untuk tas atau dompet kulit. 

Bentuk dari bahan poles ini adalah pasta, yang perlu diaplikasikan pada kain kering yang lembut. Kain katun bisa jadi pilihan yang paling tepat. Caranya ambil sedikit bahan poles dengan kain, kemudian gosok ke permukaan jok sampai mengkilap dan kering. 

Anda bisa memoles jok mobil dari kulit setiap satu bulan sekali atau ketika tampilannya kusam. Lapisan lilin dari bahan poles ini akan melindungi jok agar tidak mudah retak atau sobek. 

30._xl_7__2_

Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan agar Jok Mobil Bersih

Bukan hanya soal cara perawatan saja, tetapi Anda juga harus meninggalkan beberapa kebiasaan yang dapat memicu kerusakan pada jok mobil. Beberapa kebiasaan mungkin sulit untuk dihilangkan tetapi Anda harus mulai melakukannya agar jok tetap awet. 

  1. Hindari Merokok dalam Mobil

Memiliki kebiasaan merokok tak hanya buruk untuk jok mobil tetapi semua interior kabin, termasuk plafon hingga dashboard. Bara api rokok bisa melubangi jok mobil tanpa Anda sadari. 

Dampak lainnya adalah asap rokok menjadi bau tidak sedap dalam kabin. Partikel asap akan menempel pada interior mobil, menimbulkan bau sekaligus bercak kekuningan. 

    2. Jangan Lap dengan Kain Kasar

Terbiasa menggunakan lap yang tidak bersih juga kurang baik untuk jok mobil. Anda mungkin menyediakan kanebo, tapi jarang dibersihkan. Masih banyak pasir atau debu yang menempel dari sisa membersihkan area lainnya. 

Pasir tersebut dapat merusak permukaan jok mobil dari kulit dan bekasnya tidak dapat dihilangkan. Sebaiknya Anda menyiapkan lap khusus yang halus dan kering untuk membersihkan jok mobil saja. 

    3. Tidak Memarkir Kendaraan di Area Panas

Cara merawat jok kulit mobil ini terlihat sepele tapi ternyata masih sering diabaikan. Memarkir mobil di area yang panas atau tidak beratap juga menjadi kebiasaan buruk yang harus dihindari. 

Sinar matahari langsung akan membuat kabin mobil suhunya meningkat. Belum lagi paparan sinar UV dari kaca depan mobil akan membuat warna jok kulit semakin memudar. Sedangkan suhu panas akan membuat jok menjadi pecah-pecah. 

    4. Berhenti Makan dan Minum dalam Mobil

Kerusakan pada jok kulit juga sering diakibatkan aktivitas makan dan minum di dalam mobil. Makanan dan minuman yang tumpah di atas jok akan sulit dibersihkan. Noda dari saus atau minuman bersoda akan membuat warna jok menjadi belang. 

Ditambah lagi kabin juga akan muncul bau tidak sedap meskipun Anda sudah menggunakan pewangi. Belum lagi muncul semut atau serangga lainnya. 

    5. Hilangkan Kebiasaan Meletakkan Brosur Sembarangan

Satu lagi kebiasaan yang masih sering dilakukan adalah menumpuk berkas-berkas atau dokumen kertas di atas jok dalam waktu lama. Ditambah Anda memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung. 

Suhu yang meningkat akan membuat tulisan dari dokumen tersebut tercetak di jok mobil. Bisa juga terjadi ketika suhu terlalu lembab. Jika hal ini sudah terjadi, maka noda tersebut tidak lagi bisa dibersihkan. 

Cara merawat jok kulit mobil sebenarnya tergantung dengan kebiasaan Anda sendiri. Jika ingin jok lebih awet sebaiknya ikuti kesepuluh hal di atas.

Jangan lupa juga jika terdapat masalah pada interior, eksterior dan mesin mobil segera bawa ke bengkel Suzuki terdekat




Berita Lainnya