Tips & Trik

Apa Itu Body Repair Mobil? Ini Fungsi dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/amplas_mobil.jpg

Meskipun sudah berhati-hati setiap kali mengendarai mobil, masalah baret atau penyok bisa terjadi kapan saja. Anda perlu segera melakukan body repair supaya kendaraan kembali normal. Namun sudah tahukah Anda apa saja yang akan diperbaiki pada saat ke bengkel?

Setiap bengkel memiliki tarif dan cara perbaikan berbeda-beda. Anda sebagai pemilik kendaraan tidak boleh pasrah kepada bengkel dan harus tahu apa saja tahapan perbaikannya.

Supaya tak salah saat proses perbaikan body mobil, kenali pengertian dari body repair, fungsi, sampai tahapan apa saja yang dilakukan. Jadi Anda bisa memutuskan perbaikan yang benar-benar dibutuhkan oleh body mobil.

Mengenal Body Repair dan Seberapa Penting Dilakukan

Baca Juga : Perlukah Tangki BBM Mobil Diiisi Sampai Penuh?

Selama penggunaan sehari-hari, body mobil bisa mengalami kerusakan yang bermacam-macam tipenya. Misalnya saja saat body samping terkena batang kayu ketika melewati area hutan, maka bisa muncul goresan ringan yang menggores lapisan coating dan cat.

Kerusakan paling parah biasanya terjadi akibat kecelakaan sehingga mengakibatkan penyok. Tingkat penyok sendiri ada yang ringan dan parah. Jika terjadi hanya pada bagian bumper mobil saja, maka masih termasuk ringan dan mudah diperbaiki.

Berbeda jika kecelakaan merusak bagian pintu mobil, kap mesin atau pintu belakang sehingga tidak bisa dibuka. Perlu perbaikan secara menyeluruh jika kerusakannya tergolong berat.

Baca Juga : Kebiasaan Buruk yang Bikin AC mobil Cepat Rusak

Body repair adalah perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan kerusakan pada body mobil, apapun keadaannya. Baik itu karena kecelakaan atau penggunaan sehari-hari.

Perbaikan sendiri memiliki banyak metode seperti metode palu on off, metode washer welder, atau sinking untuk perbaikan ringan. Jika terjadi kerusakan berat, maka metode seperti mag welding untuk penyambungan pun diperlukan.

Jadi pentingkah melakukan body repair? Tentu saja jawabannya adalah sangat penting. Karena perbaikan yang dilakukan oleh bengkel bukan sekedar mengecat ulang coating sehingga kendaraan tampil kinclong kembali.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh! Ini Fungsi dan Manfaat Alarm Mobil

Namun perbaikan yang dilakukan bisa dari kelas ringan sampai kelas berat. Oleh karena itulah Anda tidak boleh melakukannya di bengkel sembarangan.

Fungsi Dilakukannya Body Repair Mobil

Apabila dilihat dari pengertiannya, sudah sangat jelas bahwa fungsi dari body repair adalah perbaikan terhadap mobil secara keseluruhan. Ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau lecet sekalipun yang mengakibatkan warna cat hilang, maka harus segera diperbaiki

Nantinya usai diperbaiki mobil yang Anda miliki akan kembali seperti semula. Permukaan mobil yang tadinya peyok akan kembali rata. Ditambah dengan adanya empat lapisan cat mulai dari primer, surfacer, base coat dan juga clear coat.

Semua lapisan cat ini dibutuhkan untuk menjaga supaya body mobil tidak mudah muncul karat, jamur, dan warnanya tetap bertahan lama walaupun sering digunakan. Mobil juga akan tampil mengkilap dan menawan.

Apabila Anda menemukan cacat goresan yang cukup dalam dan tidak bisa diperbaiki hanya dengan dipoles, segera perbaiki ke bengkel body repair resmi terdekat. Supaya jamur tidak muncul dari bagian yang tergores tersebut dan memicu munculnya karat.

Kisaran Biaya Cat Mobil yang Harus Dipersiapkan

Termasuk dalam pembiayaan, pengecatan biasanya menghabiskan dana lebih banyak dibandingkan perbaikannya. Selama tidak ada komponen body yang harus diganti atau sekedar dicat saja, maka biaya tidak akan terlalu besar.

Biaya pengecatan dalam body repair dibedakan menjadi dua jenis yaitu per panel dan full body. Pengecatan per panel biasanya dipilih juga terdapat kerusakan ringan seperti penyok atau goresan pada mobil yang menghilangkan lapisan cat cukup dalam.

Misalnyasaja terdapat goresan pada bagian pintu atau kap mobil. Biaya yang dibutuhkan per panelnya bisa mencapai Rp 300.000 sampai Rp 800.000 tergantung tingkat kesulitan lokasinya dan jenis cat yang digunakan.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya