Tips & Trik

Cara Mencegah & Menghilangkan Karat Pada Bodi Mobil

PUBLISHED DATE : 30 April 2023

Mencegah Mobil Karat (1)

 

  • Mencuci Mobil Secara Teratur

 

Mencuci mobil secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan bodi mobil Anda dan mengurangi kemungkinan timbulnya karat. Kotoran, debu, dan residu garam yang menempel pada bodi mobil dapat menyebabkan karat jika dibiarkan lama.

Usahakan mencuci mobil setidaknya seminggu sekali atau lebih sering jika mobil sering digunakan di daerah yang berdebu, berlumpur, atau terkena garam (misalnya, di daerah pantai).

Selain mencuci bodi mobil, jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah mobil Anda, karena area ini juga rentan terhadap karat. Gunakan semprotan air bertekanan tinggi untuk membersihkan bagian bawah mobil dari kotoran dan debu yang menempel.

Pastikan juga untuk mengeringkan mobil setelah mencucinya agar air tidak tertinggal dan menyebabkan karat.

 

  • Rutin Berikan Pelumas pada Komponen Engsel Mobil

 

Mencegah mobil karat dapat dilakukan dengan merawat komponen engsel pintu secara rutin. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelumas pada engsel pintu mobil.

Baca Juga : Keuntungan Memakai Ban Tubeless Untuk Motor Anda

Penggunaan mobil yang berulang kali dapat menyebabkan pelumas pada pintu mobil mengering, sehingga perlu diaplikasikan kembali secara berkala. Jika dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan timbulnya karat pada bagian engsel mobil.

Engsel pintu mobil terletak pada bagian yang tertutup dan membuat karat tidak terdeteksi dengan mudah, kecuali jika Anda melakukan pemeriksaan secara rutin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi engsel pintu mobil dan memberikan perawatan yang tepat agar mobil Anda tetap terbebas dari karat dan menjaga nilai investasinya.

 

  • Gunakan Lapisan Anti Karat

 

Melapisi mobil dengan lapisan anti karat adalah cara efektif untuk mencegah karat timbul. Lapisan ini biasanya diterapkan pada bagian bawah bodi mobil dan area yang rentan terhadap karat, seperti sambungan logam dan sekitar lubang kunci.

Beberapa jenis lapisan anti karat yang umum digunakan adalah cat anti karat, pelumas, dan film pelindung. Pastikan untuk memilih produk anti karat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Pertimbangkan juga untuk menggabungkan beberapa jenis lapisan anti karat untuk perlindungan maksimal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya