Tips & Trik

Cara Mencegah & Menghilangkan Karat Pada Bodi Mobil

PUBLISHED DATE : 30 April 2023

Mencegah Mobil Karat (1)

Mencegah mobil karat dapat dilakukan dengan membersihkan kotoran dan debu secara rutin. Karat pada bodi mobil merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pemilik mobil. Selain merusak penampilan, karat juga dapat mengurangi nilai jual kendaraan.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara mencegah dan menghilangkan karat pada bodi mobil agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Artikel ini akan membahas berbagai cara untuk mencegah dan menghilangkan karat, sehingga mobil Anda tetap terawat dan tampak baru. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga nilai investasi mobil dan menikmati tampilan mobil yang terawat dan prima.

Cara Mencegah Mobil Karat

Selain membersihkan kendaraan secara rutin, terdapat beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah karat pada mobil. Berikut adalah tiga cara pencegahan yang dapat Anda lakukan:

 

  • Mencuci Mobil Secara Teratur

 

Mencuci mobil secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan bodi mobil Anda dan mengurangi kemungkinan timbulnya karat. Kotoran, debu, dan residu garam yang menempel pada bodi mobil dapat menyebabkan karat jika dibiarkan lama.

Usahakan mencuci mobil setidaknya seminggu sekali atau lebih sering jika mobil sering digunakan di daerah yang berdebu, berlumpur, atau terkena garam (misalnya, di daerah pantai).

Selain mencuci bodi mobil, jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah mobil Anda, karena area ini juga rentan terhadap karat. Gunakan semprotan air bertekanan tinggi untuk membersihkan bagian bawah mobil dari kotoran dan debu yang menempel.

Pastikan juga untuk mengeringkan mobil setelah mencucinya agar air tidak tertinggal dan menyebabkan karat.

 

  • Rutin Berikan Pelumas pada Komponen Engsel Mobil

 

Mencegah mobil karat dapat dilakukan dengan merawat komponen engsel pintu secara rutin. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelumas pada engsel pintu mobil.

Baca Juga : Sabuk Pengaman Mobil Macet? Ini Solusinya!

Penggunaan mobil yang berulang kali dapat menyebabkan pelumas pada pintu mobil mengering, sehingga perlu diaplikasikan kembali secara berkala. Jika dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan timbulnya karat pada bagian engsel mobil.

Engsel pintu mobil terletak pada bagian yang tertutup dan membuat karat tidak terdeteksi dengan mudah, kecuali jika Anda melakukan pemeriksaan secara rutin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi engsel pintu mobil dan memberikan perawatan yang tepat agar mobil Anda tetap terbebas dari karat dan menjaga nilai investasinya.

 

  • Gunakan Lapisan Anti Karat

 

Melapisi mobil dengan lapisan anti karat adalah cara efektif untuk mencegah karat timbul. Lapisan ini biasanya diterapkan pada bagian bawah bodi mobil dan area yang rentan terhadap karat, seperti sambungan logam dan sekitar lubang kunci.

Beberapa jenis lapisan anti karat yang umum digunakan adalah cat anti karat, pelumas, dan film pelindung. Pastikan untuk memilih produk anti karat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Pertimbangkan juga untuk menggabungkan beberapa jenis lapisan anti karat untuk perlindungan maksimal.

Misalnya, Anda dapat menggunakan cat anti karat sebagai lapisan dasar, lalu menambahkan film pelindung atau pelumas di area yang lebih rentan terhadap karat.

 

  • Jangan Tunda Perbaikan Bodi Mobil

 

Jika Anda menemukan goresan atau kerusakan pada bodi mobil, segera lakukan perbaikan untuk mencegah mobil karat. Goresan yang dibiarkan terbuka dapat menjadi pintu masuk air dan menyebabkan karat.

Lakukan pengecatan ulang pada area yang rusak agar bodi mobil tetap terlindungi. Jika kerusakannya cukup parah, pertimbangkan untuk mengganti panel bodi yang rusak dengan yang baru.

Cara Menghilangkan Mobil Karat

mobil_karat

Meskipun mencegah karat lebih mudah dilakukan daripada menghilangkannya, terkadang mobil tetap terkena karat meskipun sudah dijaga dengan baik. Jangan khawatir, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan karat pada mobil Anda, seperti:

 

  • Melakukan Pengamplasan dan Pengecatan Ulang

 

Mengamplas bagian yang berkarat hingga bersih adalah langkah awal untuk menghilangkan karat. Gunakan amplas dengan butiran halus agar tidak merusak permukaan yang aman dari karat.

Setelah mengamplas, bersihkan area tersebut dari debu dan kotoran, lalu oleskan primer anti karat sebagai lapisan dasar. Setelah primer mengering, cat ulang area tersebut dengan cat yang sesuai dengan warna mobil Anda.

Terakhir, aplikasikan lapisan clear coat untuk melindungi cat dan memberikan kilau pada hasil pengecatan.

 

  • Oleskan Dempul

 

Dempul adalah cara lain untuk mengatasi karat pada mobil. Oleskan dempul pada bagian yang berkarat, lalu amplas hingga permukaan menjadi rata. Setelah itu, bersihkan area tersebut dari debu dan kotoran, lalu oleskan primer anti karat.

Biarkan primer mengering, lalu cat ulang bagian tersebut agar terlihat seperti baru. Jangan lupa mengaplikasikan lapisan clear coat untuk melindungi hasil pengecatan.

 

  • Pakai Cuka

 

Cuka dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah mobil karat pada permukaan yang lebih kecil dan sulit dijangkau. Basahi kain atau spons dengan cuka, lalu gosokkan pada bagian yang berkarat.

Ulangi proses ini hingga karat hilang, lalu bilas dengan air. Setelah area tersebut kering, oleskan pelumas atau cat anti karat untuk melindungi permukaan dari karat di masa mendatang.

 

  • Oleskan Lemon dan Jeruk Nipis

Baca Juga : Berapa Lama Usia Ban Motor? Ketahui di Sini!

 

Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan asam yang dapat membantu menghilangkan karat. Oleskan air perasan lemon atau jeruk nipis pada bagian yang berkarat, lalu gosok dengan kain atau spons.

Bilas dengan air setelah karat hilang, lalu keringkan area tersebut. Oleskan primer anti karat, cat ulang, dan clear coat untuk melindungi permukaan yang telah diperbaiki.

 

  • Oleskan Baking Soda

 

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian yang mobil yang berkarat. Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan sikat atau kain hingga karat hilang.

Bilas dengan air untuk membersihkan sisa baking soda, lalu keringkan area tersebut. Oleskan primer anti karat, cat ulang, dan clear coat untuk melindungi hasil perbaikan dan mencegah mobil karat terjadi kembali.

 

  • Rust Remover

 

Rust remover adalah produk khusus yang dirancang untuk menghilangkan karat. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Biasanya, Anda cukup mengaplikasikan rust remover pada area yang berkarat.

Kemudian, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan kain atau sikat. Setelah karat hilang, oleskan primer anti karat, cat ulang, dan clear coat untuk melindungi permukaan yang telah diperbaiki.

Mencegah dan menghilangkan karat pada bodi mobil sangat penting untuk menjaga penampilan dan nilai jual kendaraan Anda. Dengan mengikuti cara-cara yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menjaga mobil tetap terawat dan terlindungi dari karat.

Ingatlah untuk selalu melakukan perawatan secara rutin dan menggunakan produk yang berkualitas untuk mencegah mobil karat kedepannya. Jika kerusakan sudah parah, segera perbaiki bodi mobil Anda di bengkel resmi Suzuki dengan cara melakukan booking service.

Dapatkan perawatan berkualitas dari mekanik ahli Suzuki dan nikmati kembali berkendara dengan aman dan nyaman. Booking service Anda sekarang di website resmi Suzuki!

Berita Lainnya