Tips & Trik

Biar Aman, Ini Cara Melepas Aki Mobil yang Benar & Pasangnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/18109435_s.jpg

Aki merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan yang fungsinya untuk menyimpan energi listrik.

Meskipun melepas dan memasang aki terlihat mudah, namun Anda tidak boleh sembarangan melakukannya. Untuk itu, silahkan Anda simak cara melepas aki mobil yang benar di bawah ini.

Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Baca Juga : Apa Itu Hidrometer? Ketahui Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

Saat Anda ingin mengganti air aki, maka aki harus dilepas dengan benar terlebih dahulu  agar proses penggantian menjadi aman.

Oleh karena itu, ikuti tahapan-tahapan cara melepas aki di bawah ini. Lakukan setiap tahapan-tahapannya secara urut agar aki tetap dalam kondisi aman.

  • Persiapkan Alat yang Digunakan

Tahap pertama sebelum melepas aki, ada baiknya Anda persiapkan alat-alat yang diperlukan terlebih dahulu. Alat-alat tersebut harus terlebih dahulu dipersiapkan supaya nantinya Anda tidak perlu wara-wiri lagi. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat waktu.

Baca Juga : Ketahui Ini Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

Alat-alat yang harus disiapkan untuk melepas aki pun sangat sederhana dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Untuk pembongkaran aki Anda bisa menggunakan tang, obeng dan kunci pas.

  • Lakukan Secara Tenang dan Hati-Hati

Sebelum masuk ke tahapan cara melepas aki mobil yang benar, sebaiknya Anda juga harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Saat pelepasan aki, Anda harus melakukannya dengan penuh ketenangan dan kehati-hatian.

Hal ini mengingat bahwa aki merupakan komponen kendaraan yang menyalurkan energi listrik ke seluruh bagian mesin mobil.

Baca Juga : Jangan Sekali-kali Ubah Tali Helm! Ini Bahayanya

Tidak bisa dibayangkan jika pelepasan aki tidak Anda lakukan secara hati-hati karena bisa jadi sistem kelistrikan yang ada di mobil akan rusak.

  • Pastikan Mesin Mobil dalam Kondisi Mati

Cara selanjutnya dari melepas aki mobil yang benar yaitu memastikan mesin mobil dalam kondisi mati.

Perlu Anda ketahui, melepas aki saat mesin dalam kondisi hidup bisa mengakibatkan korsleting. Untuk itu, sebelum melepas aki ada baiknya periksa keadaan mesinnya terlebih dahulu.

  • Lepaskan Kutub Negatif

Tahap selanjutnya untuk melepas aki yang baik yaitu lepas dulu kutub negatifnya. Kutub negatif biasanya ditandai dengan minus (-) dan warnanya hitam.

Pelepasan kutub negatif harus terlebih dulu dilakukan agar tidak terjadi korsleting. Jika korsleting terjadi, tentu aki akan mengalami masalah.

  • Lepaskan Kutub Positif

Setelah kutub negatif dilepas, cara melepas aki mobil selanjutnya yaitu melepas kutub bagian positifnya.

Kutub positif umumnya ditandai dengan plus (+) dan warnanya merah. Cara melepaskannya pun sama dengan kutub negatif tadi, yaitu lepaskan kabel, baut kemudian klem.

  • Lepaskan Bracket Aki

Sedikit informasi bahwasannya aki dan rangka mobil dihubungkan oleh bracket. Oleh karena itu, setelah kutub negatif dan positif dilepas langkah selanjutnya yaitu melepaskan bracket tersebut.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya