Tips & Trik

Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

PUBLISHED DATE : 11 Februari 2022

65571739 S

 

Terakhir adalah mengenai kode yang tertera pada setiap ring tentu saja berbeda. Begitu juga dengan permukaan ring piston yang menjadikannya tanda penempatan ring dengan benar. 

Kode, warna dan juga permukaan menjadi patokan utama saat Anda hendak memasang. Jadi tidak bisa asal memasang karena bisa menimbulkan kebocoran pada motor. 

Perawatan Ring Piston yang Wajib Diperhatikan 

Merawat ring piston adalah solusi terbaik jika ingin komponen ini awet. Perawatannya sendiri tidak terlalu sulit, karena Anda bisa membawa motor langsung ke bengkel untuk servis rutin. 

Apa saja perawatan yang perlu Anda perhatikan supaya ring piston awet? Cek tipsnya berikut ini. 

 

  • Pilih Oli Standar Pabrikan 

 

Oli mesin berperan besar untuk menjaga keawetan mesin motor termasuk ring piston. Anda sebaiknya rutin menggunakan oli standar pabrikan yang pasti pas kualitasnya. 

Jangan sekali-kali menggunakan oli bekas yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin. Oli bekas atau yang kualitasnya di bawah standar menjadi sumber kerak pada mesin. 

Baca Juga : Benarkah Nyalakan Lampu Motor Siang Hari Bikin Aki Cepat Soak?

 

  • Penggantian Oli secara Rutin 

 

Anda wajib mengganti oli dengan rutin karena kualitas oli mesin akan menurun seiring dengan penggunaan. Penggantian oli sepeda motor ini setidaknya setiap 3.000 hingga 5.000 km. 

Oli yang selalu baru akan membuat ring piston terus bekerja dengan lebih baik. Anda pun akan mendapatkan komponen ring piston jadi lebih tahan lama. 

 

  • Mengecek Ring Piston jika Terjadi Kerusakan 

 

Ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan jika ring piston mengalami kerusakan. Pertama adalah ketika suara mesin berubah menjadi lebih kasar. Kedua muncul asap putih dari knalpot dan oli mesin cepat habis. 

Artinya Anda harus segera mengganti ring piston dengan yang baru sehingga piston bekerja secara normal kembali. Apabila ring piston ini tidak segera diganti bisa menimbulkan kerusakan seperti aus pada piston. 

Bukan hanya cara pasang ring piston yang benar saja harus diperhatikan tetapi juga susunannya. Jangan sampai Anda salah memasang dan membuat mesin tidak bekerja sempurna. 

Apabila Anda menemukan ciri-ciri kerusakan, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi 2W Suzuki terdekat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya