Tips & Trik

Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

PUBLISHED DATE : 11 Februari 2022

65571739 S

 

Jika ring 1 sudah selesai dipasang maka selanjutnya adalah dengan ring kompresi 2. Pemasangannya sendiri dilakukan dengan mengecek kode huruf yang menghadap ke atas. 

Hal yang membedakan dengan ring kompresi 1 adalah bagian luarnya terasa lebih kasar. Sedangkan ring kompresi 1 jauh lebih halus. 

 

  • Memasang Ring Oli 

 

Tahapan terakhir adalah dengan memasang ring oli terlebih dahulu yang ada di bagian bawah. Ada tiga bagian pada ring ini yaitu rail ring di atas, expander ring di bagian tengah dan rail ring di bawah. 

Masing-masing ring ini berbeda sehingga harus dipasang dengan urutan yang benar dan tepat. Ring oli yang selesai dipasang maka bisa langsung mengembalikan piston ke dalam silinder blok. 

3 Hal Wajib Diperhatikan Ketika Memasang Ring Piston 

Cara pasang ring piston juga tidak luput dengan memperhatikan hal lain yang membuat Anda semakin mudah memasangnya. Hal ini harus diperhatikan sebelum memulai pemasangan demi menghindari kesalahan. 

Jika salah pasang bisa menimbulkan kebocoran yang notabene harus dihindari oleh kendaraan. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib diperhatikan tersebut. 

Baca Juga : Ini Penyebab Motor Injeksi Mati Saat di Gas & Solusinya

 

  • Membersihkan Groove dengan Baik

 

Usai melepaskan ring piston yang lama, Anda harus membersihkan tempat berbentuk ulir yang disebut dengan groove. Tempat ini nantinya menjadi dudukan ring piston dalam waktu yang lama. 

Oleh karena itulah Anda harus membersihkannya dengan baik. Jika terdapat kotoran membuat ring yang dipasang tidak pas. 

 

  • Mengecek Sudut Celah Ring Piston 

 

Hal selanjutnya yang juga penting adalah mengenai celah pada ring piston. Setiap celahnya dibuat memiliki ukuran sama yakni 120 derajat. Celah ini akan membuat kinerja dari piston lebih baik 

Perlu diperhatikan juga saat memasang ring sesuai dengan celah ini, jangan sampai ring terlalu dekat dengan piston pin. Pastikan kembali bahwa sudut yang digunakan sudah sesuai. 

 

  • Memahami Kode dan Permukaan Ring Piston 
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya