Tips & Trik

Bagaimana Memilih Oli Mesin Yang Terbaik Untuk Mobil

PUBLISHED DATE : 20 Juli 2022

Blog 26

Cara pertama untuk mengetahui jenis oli yang paling tepat adalah dengan memahami spesifikasi mobil Anda. Semua informasi tentang kebutuhan pada mobil bisa Anda dapatkan di buku manual mobil. Jika Anda masih ragu, Anda bisa juga langsung datang ke bengkel resmi tempat di mana biasa Anda mengganti oli untuk berkonsultasi oli mana yang paling sesuai dengan spesifikasi mobil.

  • Pilih Oli Bersertifikasi

Oli yang beredar di pasaran memenuhi standar terbaik yang dikeluarkan badan pengurus sertifikasi. Adapun beberapa jenis sertifikasi oli yang beredar saat ini antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO. Pastikan Anda memilih oli yang telah mengantongi salah satu sertifikasi tersebut seperti oli Ecstar. Oli resmi keluaran Suzuki ini telah memiliki sertifikasi API Service hingga tingkat SN yang merupakan standar kualitas pelumas.

  • Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Baca Juga : 5 Keunggulan Motor Suzuki Avenis 125

Oli mesin terbagi jadi beberapa tingkat kekentalan, kayni encer, sedang dan kental. Semua tingkat kekentalan oli memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Oli yang tingkat kekentalannya rendah, semakin mudah mengalir untuk melumasi bagian komponen mesin yang perlu perlindungan. Pada oli yang encer, dia bisa bekerja meski mesin dalam suhu rendah sekalipun. Sementara itu semakin kental oli, biasanya akan optimal fungsinya pada saat suhu mesin semakin tinggi. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Perawatan Cvt

Tips Perawatan CVT yang Benar

Perawatan CVT diperlukan secara berkala jika menginginkan motor matic yang awet dengan kinerja optimal. CVT atau (Continuously Variable Transmission) adalah komponen yang penting d...

selengkapnya