Tips & Trik

Awas, Ini Gejala Sensor ECT Rusak & Cara Mencegahnya

PUBLISHED DATE : 23 Januari 2022

164334514 S

Meskipun demikian, adakalanya alat ini mengalami kerusakan yang mengakibatkan fungsinya terganggu. Gejala yang ditimbulkannya di antaranya sebagai berikut.

  • Jarak Tempuh Kendaraan Menjadi Pendek

Gejala yang sering terjadi jika alat sensor ini mengalami gangguan adalah jarak tempuh dari kendaraan menjadi pendek. Hal ini bisa terjadi karena adanya pemborosan bahan bakar yang diakibatkan oleh adanya sinyal palsu yang diberikan oleh Ect sensor.

Terkadang, alat ini memberikan sinyal palsu dengan menunjukkan suhu mesin dalam keadaan normal. Padahal, yang terjadi adalah sebaliknya. 

Akibatnya, pada saat memanaskan mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar, sehingga bahan bakar menjadi cepat habis dan jarak tempuh kendaraan menjadi pendek.

  • Lampu Sensor Mesin Menyala

Gejala atau tanda lainnya yang menunjukkan bahwa sensor ECT mengalami kerusakan adalah lampu indikator mesin yang menyala.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, alat sensor ini akan memberikan sinyal atau tanda berupa lampu indikator yang menyala ketika terjadi perubahan suhu di atas normal.

Tetapi perlu diketahui, bahwa lampu indikator pada speedometer yang menyala, bukan hanya disebabkan oleh adanya kerusakan pada alat sensor di cairan pendingin mesin. 

Baca Juga : Mengenal Fungsi dan Komponen Motor Starter

Oleh karena itu, akan lebih baik apabila kendaraan segera dibawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mengetahui penyebabnya.

  • Keluarnya Asap Hitam Dari Knalpot

Asap knalpot yang berwarna hitam pekat, juga bisa menjadi tanda bahwa alat sensor suhu ini mengalami kerusakan atau gangguan.

Hal ini bisa terjadi, karena alat sensor yang sudah mengalami kerusakan atau gangguan akan memberikan sinyal yang salah mengenai perubahan suhu yang terjadi.

Kesalahan tersebut bisa mengakibatkan ECU akan memperbanyak campuran bahan bakar yang membuat proses pembakaran saat mesin dinyalakan menjadi sulit.

Akibat dari bahan bakar yang berlebihan tersebut, kendaraan akan menghasilkan asap hitam dari knalpot.

  • Mesin Menjadi Panas

Kerusakan yang terjadi pada alat sensor suhu ini juga bisa mengakibatkan mesin menjadi panas atau overheat engine.

Hal tersebut disebabkan, kipas pendingin yang ada pada bagian belakang kisi radiator tidak berfungsi karena mendapat informasi yang salah dari sensornya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya