Tips & Trik

Ternyata Ini Fungsi Gardan Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 24 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/61622395_s.jpg

Gardan mobil merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki peran penting pada kendaraan roda 4 tersebut. Fungsi gardan mobil sangat krusial karena perannya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang.

Bisa dikatakan, mobil tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya komponen ini. Berkaitan dengan itu, di bawah ini akan diulas mengenai gardan mobil, fungsi, serta hal-hal lain yang berkaitan dengannya. 

Apa Itu Gardan Mobil?

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil?

Mobil bisa bergerak maju, tentunya dikarenakan ada tenaga yang menggerakkannya. Sebagian besar orang hanya mengetahui, mobil bisa bergerak karena digerakkan oleh mesin tanpa mengetahui bagaimana prosesnya.

Gardan sendiri berasal dari kata cardan yang memiliki arti roda-roda gigi khusus yang berbentuk roda gigi kerucut. Kata cardan tersebut, di Indonesia akhirnya lebih dikenal dengan sebutan gardan atau gardan mobil.

Cardan sendiri adalah alat yang memberikan perbedaan putaran antara kedua roda, dalam hal ini roda depan dan roda belakang mobil. Jadi, gardan memiliki fungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke bagian roda mobil sehingga mobil bisa melaju.

Baca Juga : Fungsi Gearbox Mobil: Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya

Fungsi Gardan Mobil

Sebenarnya fungsi gardan mobil adalah sebagai sebuah komponen yang berperan untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda mobil.

Tenaga  yang diteruskan tersebut merupakan tenaga yang berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar.

Baca Juga : Apa Itu Tie Rod Mobil? Dan Apa Sajakah Fungsinya?

Dari proses pembakaran tersebut nantinya akan menghasilkan tenaga yang akan menggerakkan piston berupa gerakan naik turun dan akan diteruskan untuk memutar poros engkol.

Tenaga yang sudah dihasilkan akan melewati transmisi dan propeller shaft, dan selanjutnya akan menghasilkan tenaga yang diteruskan ke bagian roda mobil. Tenaga tersebut akan mendorong bagian roda sehingga mobil bisa bergerak dan melaju.

Kesimpulannya adalah, gardan mobil memiliki fungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan pada ruang pembakaran menuju ke poros roda setelah melewati transmisi dan propeller shaft. Akibat tenaga tersebut, roda mobil bisa bergerak dan akhirnya mobil bisa melaju.

Bukan hanya meneruskan tenaga dari ruang pembakaran saja, gardan mobil ini nantinya juga akan berfungsi untuk merubah arah putaran mesin mobil.

Selain itu, gardan mobil juga berfungsi untuk memperbesar momen dan membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil berbelok.

Komponen-komponen Yang Ada Pada Gardan Mobil

166062616_s

Untuk bisa meneruskan tenaga dan mendorong roda mobil untuk bergerak, gardan mobil membutuhkan komponen-komponen untuk melakukan tugasnya.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya