Tips & Trik

Awas, Ini Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

PUBLISHED DATE : 24 Oktober 2023

Minyak Rem Mobil

Anda dapat mengetahui minyak rem sudah basi dan harus diganti ketika merasakan dan mendapati kinerja rem tidak normal seperti biasanya, yang tandanya sebagai berikut:

  • Lampu Indikator Rem Hidup

Ciri pertama yang paling mudah Anda sadari adalah menyalanya lampu pada indikator rem. Lampu tersebut memberi informasi pada Anda agar segera melakukan penggantian minyak rem.

Lampu pada indikator rem juga menyala saat mobil mulai Anda kemudikan. Apabila Anda mendapati lampu tersebut menyala, maka sebaiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel atau pun dealer terdekat untuk dilakukan pengecekan terhadap minyak rem.

  • Rem Blong Ketika Mobil di Turunan

Peran penting rem pada mobil adalah sebagai pengatur dan pengendali kecepatan. Namun, bila minyak rem mulai basi maka peran tersebut tidak akan berjalan maksimal. Tandanya adalah Anda akan kesulitan mengoperasikan mobil ketika berada pada turunan.

Ini juga sangat berisiko jika Anda mengemudi mobil di jalur tanjakan. Sebab, jalur medan tanjakan maupun turunan tersebut membuat mobil lebih sulit untuk Anda kendalikan lajunya.

Pada turunan, mobil akan melaju lebih cepat sebab sifat roda adalah menggelinding. Itulah mengapa, peran rem sangat dibutuhkan ketika Anda melewati turunan. 

Baca Juga : Praktis, Ini Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Jadi, apabila Anda merasa rem mobil blong ketika melewati turunan, segera cek kondisi minyak rem ke bengkel terdekat.

  • Pengereman Ngempos saat Penggunaan Pertama

Tanda minyak rem mobil sudah basi berikutnya adalah, pada saat pengereman digunakan pertama kali akan terasa ngempos, atau rem tidak bisa kembali pada posisi awal setelah rem dipompa dan dilepas.

Anda bisa langsung menyadarinya saat menyalakan mobil pertama kali lalu menggunakan dan menginjak rem mobil.

  • Minyak Menetes saat Mobil Berhenti

Satu lagi ciri minyak rem sudah berkurang kualitasnya adalah ketika mobil Anda berhenti, maka akan muncul tetesan minyak yang menandakan kondisi rem yang sedang bermasalah.

Anda juga akan melihat bekas tetesan minyak pada mobil, sebab umumnya jumlah tetesan yang keluar akan cukup banyak. Selain itu, tekstur minyak rem akan terasa lengket serta pekat.

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Minyak Rem Mobil

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya