Tips & Trik

Compound Mobil: Fungsi dan Cara Menggunakannya Secara Benar

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/compound_mobil.jpg

Pernah mendengar tentang compound mobil? Bahan ini sering digunakan untuk perawatan agar tampilan mobil menjadi lebih kinclong. Jika Anda pergi ke tempat pencucian mobil atau bengkel perawatan pasti tersedia bahan compound. 

Anda juga bisa membeli kompon sendiri dan mengaplikasikannya pada permukaan body mobil. Tapi perlu diingat bahwa kompon bukan hanya terdiri dari satu jenis saja. Penggunaannya juga harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal. 

Sebagian besar bengkel perawatan mobil tidak menyarankan orang awam untuk menggunakan kompon. Alasannya karena tidak banyak yang tahu bagaimana cara tepat untuk menggunakannya. 

Baca Juga : Beli Mobil Saat Pameran? Pakai Tips Ini!

Nah, supaya Anda tidak salah ketika ingin mengaplikasikannya sendiri, sebaiknya simak apa itu kompon dan bagaimana cara menggunakannya yang benar. 

Pengertian Compound Mobil dan Fungsinya 

Compound merupakan jenis bahan yang sifatnya abrasif dan digunakan untuk memoles. Sifat abrasifnya bervariasi tergantung dengan jenisnya. Penggunaan compound adalah sebagai bahan poles untuk menyamarkan baret yang halus. 

Anda pemilik kendaraan pasti pernah mendapati bodi mobil atau motor mengalami baret. Adanya baret ini akan mengurangi tampilan kendaraan, nah dengan bantuan dari compound mobil, semua baret akan hilang seketika karena tersamarkan. 

Baca Juga : Chasis Mobil: Pengertian, Komponen dan Jenis-Jenisnya

Secara umum ada beberapa fungsi compound yang penting bagi kendaraan. Berkat fungsinya ini kebanyakan bengkel selalu menyediakan bahan compound. Apa saja fungsinya? 

  1. Mengatasi goresan pada mobil

Goresan atau lecet pada mobil ada hal yang sulit untuk dihindari. Anda tidak perlu khawatir ketika muncul baret, karena masalah ini bisa diatasi tanpa harus mengecat ulang secara keseluruhan. 

Baret yang muncul pada mobil biasanya hanya merusak bagian lapisan cat saja. Untuk mengatasinya diperlukan compound untuk menghilangkan atau menyamarkannya. Jadi fungsi utama dari compound adalah untuk memperbaiki baret tanpa mengecat ulang. 

    2. Melicinkan permukaan bodi kendaraan

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Ketahui Jenis Pengharum Mobil dan Bahannya

Fungsi yang kedua adalah untuk membuat permukaan kendaraan menjadi lebih licin. Walaupun tidak ada baret yang muncul pada bodi mobil, compound tetap bisa digunakan. Umumnya adalah setelah proses pencucian mobil. 

Permukaan mobil yang licin akan tampak kinclong dan tidak mudah tertempel oleh debu. Mobil juga akan lebih mudah dibersihkan karena permukaannya yang licin. Dengan begitu warna cat mobil akan lebih awet. 

    3. Menghilangkan percikan aspal

Saat berkendara di jalanan beraspal, bodi mobil tidak akan terhindar dari percikan aspal. Khususnya pada bagian samping bodi dan tidak bisa dihilangkan hanya menggunakan air sabun saja. Percikan aspal yang tidak dihilangkan akan membuat cat menjadi rusak. 

Oleh karena itu agar bekas aspal yang menempel itu hilang, dibutuhkan compound mobil. Tujuannya agar percikan aspal hilang tetapi tidak merusak permukaan cat. Mobil Anda pun akan terlihat seperti baru kembali. 

    4. Menghilangkan jamur 

Mobil yang jarang dibersihkan atau karena kualitas cat yang buruk membuat jamur mudah untuk tumbuh. Jamur pada kendaraan juga tak bisa hanya dibersihkan menggunakan air sabun saja, namun dibutuhkan compound. 

Jamur akan terkikis dengan compound yang sifatnya abrasif. Compound sangat bermanfaat juga untuk mengatasi noda membandel pada beberapa bagian seperti pada bagian pintu mobil.

fungsi_compound_mobil

Apa Saja Jenis-Jenis Compound untuk Mobil? 

Apabila Anda berencana untuk menggunakan compound sendiri, perlu diperhatikan pemilihan jenisnya. Bahan compound ada banyak jenisnya yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Berikut ini jenis compound yang bisa Anda dapatkan. 

  1. Compound berwarna merah
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya