Tips & Trik

Compound Mobil: Fungsi dan Cara Menggunakannya Secara Benar

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2021

Compound Mobil

fungsi_compound_mobil

Apa Saja Jenis-Jenis Compound untuk Mobil? 

Apabila Anda berencana untuk menggunakan compound sendiri, perlu diperhatikan pemilihan jenisnya. Bahan compound ada banyak jenisnya yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Berikut ini jenis compound yang bisa Anda dapatkan. 

  1. Compound berwarna merah

Jenis yang pertama bisa dibedakan dari warnanya yang merah kecoklatan. Tingkat abrasif yang dimiliki compound ini paling tinggi dan biasanya tidak disarankan untuk pengguna awam. Sifatnya yang abrasif bisa mengikis cat mobil secara berlebihan. 

Kebanyakan tukang cat mobil juga cukup jarang menggunakannya kecuali kasus baret yang parah dan membutuhkan pengecatan ulang. Selain digunakan pada bodi mobil, compound merah juga bisa diaplikasikan pada kaca untuk menghilangkan baret memanfaatkan mesin poles. 

    2. Compound berwarna putih

Jenis yang kedua juga bisa langsung dikenali dari warnanya yang putih. Kompon ini juga abrasif meskipun tidak sekasar compound merah. Untuk menghilangkan baret cat mobil, kompon putih bisa digunakan oleh orang awam tapi harus tetap berhati-hati. 

Jika berlebihan menggunakannya maka sama saja akan mengikis cat mobil dengan kasar. Biasanya tukang cat mobil akan menyarankan penggunaan jenis compound ketiga yaitu compound halus sebelum compound putih.

Baca Juga : Mengapa Mobil Perlu Dipanaskan dengan Rutin?

Alasannya karena compound halus masih belum bisa menghilangkan baret yang terlihat. 

    3. Compound halus

Merupakan jenis compound yang paling sering dijual dan banyak digunakan di berbagai kalangan. Apabila bumper atau body mobil terserempet kendaraan atau benda tumpul, maka compound halus adalah yang disarankan digunakan pertama kali. 

Sama-sama memiliki sifat abrasif namun sangat rendah, sehingga tidak mengikis cat berlebihan sebanyak apapun digunakan. Fungsinya adalah untuk mengatasi berbagai macam baret halus yang paling sering muncul. 

Compound mobil dijual dengan harga yang tidak mahal apapun jenisnya. Oleh karena itu siapa saja bisa membelinya, namun tetap perhatikan jenis mana yang tepat untuk Anda gunakan sendiri. 

Bagaimana Cara Menggunakan Compound Mobil? 

Jangan sembarangan ketika Anda sudah membeli compound lalu langsung mengaplikasikannya pada baret. Biasanya pada kemasan compound Anda tidak akan menemukan bagaimana cara menggunakannya dengan benar. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya