Tips & Trik

Apakah Isi Shockbreaker Motor Bisa Diisi Ulang? Ini Faktanya!

22 April 2025

account iconAdmin

Cropped Image1745306558709

Bagikan

Teknisi di bengkel resmi Suzuki bisa membantu mengecek apakah shockbreaker Anda termasuk tipe yang bisa diisi ulang atau tidak.

Bagaimana Proses Pengisian Ulang Shockbreaker Motor?

Jika shockbreaker Anda termasuk jenis yang bisa diservis atau diisi ulang, prosesnya tidak sesederhana menambahkan oli seperti pada mesin motor. 

Pengisian ulang shockbreaker melibatkan beberapa langkah teknis yang memerlukan alat khusus dan ketelitian tinggi. Berikut gambaran umum prosesnya:

  • Pembongkaran shockbreaker; Shockbreaker dibongkar dari motor dan dibuka untuk mengakses bagian dalamnya.
  • Pembuangan oli atau gas lama; Oli lama atau gas nitrogen dikeluarkan sepenuhnya. Biasanya oli sudah kotor dan tidak layak pakai lagi.
  • Pemeriksaan kondisi internal; Teknisi akan mengecek apakah ada komponen yang aus atau rusak. Jika ada, perlu diganti terlebih dahulu.
  • Pengisian oli baru atau gas nitrogen; Oli khusus shockbreaker dimasukkan kembali dengan takaran dan tekanan tertentu. Untuk shock gas, digunakan nitrogen bertekanan yang disesuaikan dengan kebutuhan motor.
  • Kalibrasi dan perakitan kembali; Setelah diisi ulang, shockbreaker dirakit dan dikalibrasi agar performanya sesuai standar pabrik.

Penting untuk dicatat bahwa proses ini tidak disarankan dilakukan sendiri di rumah, karena selain membutuhkan alat khusus, kesalahan kecil dalam proses ini bisa membuat shockbreaker tidak berfungsi maksimal atau bahkan rusak.

Lebih Hemat Isi Ulang atau Ganti Baru?

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah, apakah isi ulang shockbreaker lebih hemat dibandingkan mengganti dengan yang baru?

Secara umum, isi ulang bisa lebih hemat, terutama jika shockbreaker Anda adalah tipe gas tabung yang harganya cukup tinggi. Namun, keputusan ini sangat tergantung pada kondisi shockbreaker itu sendiri.

Baca Juga : Ini Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil

Isi ulang lebih disarankan jika:

  • Shockbreaker masih dalam kondisi fisik baik (tidak bengkok atau bocor parah).
  • Jenis shockbreaker mendukung servis atau pengisian ulang.
  • Anda menginginkan performa seperti baru tanpa harus membeli unit baru.

Sebaiknya ganti baru jika:

  • Shockbreaker mengalami kebocoran berat atau komponen internal rusak.
  • Tipe shockbreaker adalah sealed unit yang tidak bisa dibuka.
  • Biaya servis mendekati harga beli unit baru.
  • Jadi, pertimbangan ekonomisnya harus dibandingkan langsung antara biaya isi ulang (termasuk jasa dan suku cadang) dengan harga shockbreaker baru. Bengkel resmi Suzuki bisa memberikan estimasi biaya dan saran terbaik sesuai dengan kondisi motor Anda.

Tips Merawat Shockbreaker agar Lebih Tahan Lama

Agar shockbreaker motor Anda tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam jangka panjang, ada beberapa tips perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan Shockbreaker secara Rutin

Setelah motor digunakan, terutama saat melewati jalan berlumpur atau berdebu, pastikan untuk membersihkan bagian shockbreaker. Debu dan kotoran yang menempel di batang shock dapat menyebabkan aus pada seal, yang akhirnya berujung pada kebocoran oli.

Membersihkan shockbreaker tidak memerlukan peralatan khusus cukup dengan kain bersih dan lembap untuk mengelap bagian luar shock secara perlahan. Ini adalah langkah sederhana namun efektif untuk memperpanjang usia shockbreaker motor Anda.

2. Hindari Membawa Beban Berlebih

Pricelist Icon Price List Dealer Halo Suzuki Icon Halo Suzuki Test Drive/Ride
Chat