Tips & Trik

Apa Itu Wax Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Jenisnya

PUBLISHED DATE : 13 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/4731936_s.jpg

Setiap mobil yang akan di waxing harus dicuci bersih kemudian dikeringkan. Semua kotoran baik itu pasir atau lumpur harus dihilangkan. Bahkan masih ada tetesan air juga akan mengganggu waxing karena air tidak dapat bercampur dengan bahan sintetis ini. 

  • Memperhatikan Pemilihan Produknya 

Poin penting selanjutnya adalah soal produk yang digunakan. Masih banyak istilah yang digunakan pada produk sehingga Anda mungkin akan bingung memilih mana produk wax. Sebagai acuan, perhatikan pada bagian label. 

Anda hanya perlu membeli produk wax, bukan polish yang abrasif. Jika bingung Anda tinggal memilih produk yang tidak abrasif atau memiliki grade cutting 0. Artinya produk akan memberikan kilap yang tinggi pada bodi mobil. 

  • Aplikator Wax Mobil

Tidak lupa juga soal pemilihan alat yang digunakan untuk mengaplikasikan. Alat yang digunakan cukup sederhana yaitu spons atau kain microfiber.  

Kondisi dari aplikator ini juga tidak boleh luput dari perhatian. Seringkali kain microfiber yang sudah kering justru digunakan. Padahal kain tersebut justru akan membuat baret pada permukaan mobil. Anda pun akan tekor karena harus memperbaikinya. 

Pastikan bahwa aplikator seperti kain microfiber memiliki tekstur yang lembut dan juga tidak kering. Karena Anda menginginkan hasil bodi yang mengkilap sempurna, hanya bisa didapatkan dengan aplikator yang bersih dan halus. 

  • Tempat Mengaplikasikan Wax

Hal terakhir yang tidak ketinggalan untuk dilakukan adalah pemilihan tempat untuk aplikasi wax. Tidak sembarang tempat bisa digunakan karena bisa menimbulkan efek buruk pada hasil wax mobil. 

Tempat yang sebaiknya digunakan adalah tidak berada langsung di bawah terik matahari. Sinar matahari akan membuat panas pada wax yang sedang diaplikasikan sehingga hasil kilap akan menurun. 

Proses aplikasi harus dilakukan pada ruangan yang beratap sehingga suhu udara pun tidak terlalu panas. Wax akan menempel dengan lebih sempurna. 

Jenis-Jenis Wax untuk Mobil

28529914_s

Pada pengaplikasian wax, Anda harus memilih produk yang tepat. Wax terdiri dari berbagai macam jenis yang dibagi berdasarkan bentuk, penggunaan, susunan bahan dan juga kelasnya. 

Sebelum Anda membeli penting untuk mengetahui masing-masing jenis berikut ini.

Pertama adalah wax mobil yang dibedakan dari cara menggunakannya ada dua yaitu aplikasi semprot dan juga tuang. 

Untuk aplikasi tuang ini Anda membutuhkan kain atau spons untuk meratakan. Kedua adalah dari segi bentuk, wax juga dibagi dua yaitu bentuk bubuk dan cair. 

Wax bentuk cair lebih banyak digunakan daripada bubuk karena cara aplikasi yang lebih mudah. Selain cara menggunakan dan bentuk, wax juga memiliki bahan penyusun yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya. 

  • Bahan Carnauba

Wax ada yang dibuat dari bahan carnauba yang paling mahal, karena cukup sulit dalam hal produksinya menjadi lilin. Dibuat dari bagian pohon palem Carnauba yang hidup di Brazil Utara. 

Proses pembuatannya butuh waktu lama, namun hasil yang diberikan adalah perlindungan terbaik dari air dan sinar UV karena sifatnya yang hypoallergenic. 

  • Bahan Polymer

Kebanyakan wax yang dijual dan dengan harga terjangkau terbuat dari bahan polymer. Polymer sendiri memiliki dua jenis yaitu full polymer dan polymer nano. 

Wax full polymer memberikan hasil yang menutup lebih sempurna dibandingkan polymer nano. Dengan begitu tingkat perlindungan yang diberikan pun bisa berbeda. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya