Tips & Trik

Apa Itu Towing Mobil? Ketahui Perbedaan Dengan Mobil Derek

PUBLISHED DATE : 06 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/9326919_s.jpg

Proses derek atau towing mobil harus menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. Khusus untuk kendaraan derek bisa berupa mini truck yang sudah dilengkapi dengan katrol. 

Katrol inilah yang berfungsi untuk menaikkan kedua ban depan mobil kemudian mampu menariknya. Katrol akan mempermudah truk untuk menderek mobil yang mungkin saja lebih berat. 

Sedangkan untuk towing, jenis kendaraan yang digunakan juga berupa truck. Bisa saja kontainer yang besar sehingga mobil bisa muat di belakangnya. Jenisnya pun disesuaikan dengan proses pengangkutan. 

Ada truk dengan model biasa sehingga mobil harus dinaikkan secara manual. Ada juga truck yang sudah dilengkapi dengan sistem hidrolik di bagian belakangnya sehingga lebih mudah untuk menaikkan mobil.     

    4. 
Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Hadirnya komponen katrol pada truk derek membuat jenis kendaraan yang bisa ditarik pun berbeda dengan towing mobil. Proses derek memungkinkan kendaraan yang lebih besar seperti truk bahkan bus untuk ditarik. 

Kinerja katrol yang mempermudah penarikan ini sangat membantu ketika terjadi kecelakaan bus atau truk sehingga kendaraan harus diamankan. Truk derek yang akan berperan dalam hal ini. Sedangkan towing mobil memiliki jenis kendaraan yang berbeda yang bisa diangkut. 

Mengenal ketiga perbedaan ini, tentu Anda tidak akan bingung lagi mengenai kendaraan mana saja yang termasuk mobil derek atau justru untuk towing mobil. Anda juga perlu tahu kendaraan apa saja yang bisa di towing pada saat posisi sedang genting.

82260166_s

Jenis Kendaraan yang Bisa Menggunakan Towing Mobil

Melanjutkan soal perbedaan antara derek dan towing, Anda bisa memperhatikan dari segi jenis kendaraan apa saja yang dapat diangkut. Secara umum, selama truk untuk mengangkut kendaraan ukurannya mencukupi, maka kendaraan apapun dapat diangkut. 

Oleh karena itu akan sangat sulit untuk bus atau truk yang berukuran besar diangkut melalui jalur darat. Alat transportasi untuk melakukan pengangkutan sendiri terbatas dan hanya beberapa jenis kendaraan berikut yang dapat diangkut. 

    1. Motor 

Kendaraan pertama yang paling sering memanfaatkan jasa towing adalah motor. Pengakutan motor hampir dilakukan setiap hari, mulai dari motor matic, motor bebek biasa atau moge. 

Pengiriman sendiri biasanya dilakukan dalam jumlah banyak karena kapasitas dari truk pengangkut cukup banyak. Khusus untuk pengiriman moge, tujuannya bisa bervariasi seperti keperluan bisnis atau karena urusan pribadi. 

     2. Mobil

Kendaraan yang paling sering diangkut dan juga dikirim adalah mobil. Baik itu mobil pribadi dan juga mobil dinas yang membutuhkan pengiriman antar kota pasti memanfaatkan jasa towing. 

Mobil yang dikirimkan akan terhindar dari masalah lecet dan juga tetap aman sampai dengan tujuan. Kondisi mobil yang rusak pun tidak jarang pula dikirimkan karena beberapa alasan khusus. 

    3. Kendaraan Alat Berat

Alat berat seperti excavator, motor scraper, hingga crane juga memanfaatkan sistem pengangkutan untuk mengirimkannya ke daerah lain. Hanya saja kapasitasnya akan disesuaikan dengan mobil pengangkutnya. 

    4. Kendaraan Dinas TNI atau Kepolisian

Jenis kendaraan terakhir yang menggunakan sistem towing adalah mobil dinas untuk keperluan TNI atau kepolisian. Kendaraan dinas terkait tersebut mungkin saja perlu dikirimkan ke daerah lainnya karena urusan kenegaraan. 

Setelah mengenali apa itu towing, kini Anda pasti tahu kapan harus menggunakan jasa pengangkutan. Jika berencana untuk melakukan towing mobil, maka Anda bisa menggunakan layanan di Halo Suzuki

Anda akan mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan untuk mengirimkan kendaraan ke tempat tujuan dengan aman. 

 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya