Tips & Trik

Apa Itu Towing Mobil? Ketahui Perbedaan Dengan Mobil Derek

PUBLISHED DATE : 06 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/9326919_s.jpg

Masih banyak pengemudi yang salah kaprah mengenali mobil yang diangkut disebut dengan mobil derek. Istilah mobil derek sendiri tidak selamanya digunakan, karena beberapa justru merupakan kegiatan towing. 

Apa itu towing? Anda yang baru saja mendalami dunia otomotif harus tahu pengertiannya. Towing adalah kegiatan mengangkut mobil namun caranya berbeda dengan mobil derek.  Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu secara lengkap berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Towing Mobil 

Istilah towing artinya adalah proses pengangkutan kendaraan secara penuh menggunakan truk. Secara sederhana, towing adalah sebuah truk yang mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya. 

Baca Juga : Agar Awet, Jangan Bersihkan Jok Bahan Fabric Dengan Cara Ini!

Pengangkutan dilakukan untuk pengiriman mobil jarak jauh maupun dekat sesuai dengan permintaan pengirim. Biaya untuk mengangkut mobil dengan towing ini tentunya cukup mahal namun lebih cepat dan mobil dapat dikirim siapa saja sesuai dengan permintaan. 

Siapa saja bisa menghubungi jasa towing untuk bisa mengirimkan mobilnya. Kondisi seperti pada saat banjir sehingga mobil tidak mampu melintasi area tertentu atau ketika Anda ingin mudik. Jasa towing sangat diperlukan untuk mempermudah pengiriman mobil. 

Proses pengirimannya sendiri membutuhkan syarat mudah berupa STNK serta BPKB. Soal biaya biasanya menentukan jarak pengiriman, semakin jauh harganya akan lebih mahal. 

Baca Juga : Apa Itu Wheelbase? Ini Fungsi Untuk Mobil & Penggunaannya

Towing adalah solusi yang tepat untuk mengirimkan kendaraan ketika Anda berada dalam situasi yang terdesak seperti banjir. Mobil akan dinaikkan ke atas truk dengan dua macam cara sesuai dengan jenis truk. 

Pertama adalah dengan cara teknik towing gendong, di mana mobil akan diangkut seperti biasa di bagian bak truk. Teknik kedua adalah towing hidrolik yaitu pengangkutan di mana bak belakang truk akan diturunkan sejajar dengan jalan. 

Nantinya mobil akan diangkat dengan bak truk tersebut. Biasanya teknik yang kedua ini banyak diterapkan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah. Jika mobil dinaikan dengan cara biasa ke dalam truk maka akan merusak bagian bawahnya. 

Baca Juga : Jangan Nyalakan Fog Lamp di Malam yang Cerah, Ini Bahayanya!

Oleh karena itu teknik hidrolik ini jadi solusi tepat, karena biasanya mobil mewah memiliki ground clearance yang rendah. 

Perbedaan Towing Mobil dengan Mobil Derek

Hal penting yang harus dipahami justru perbedaan antara towing dengan derek mobil. Keduanya tampak sama namun sebenarnya jauh berbeda. Anda bisa mengamati perbedaannya dalam beberapa faktor berikut ini. 

  1. Cara Mengangkut Mobil

Mobil derek memanfaatkan alat khusus yang dipasang pada bagian belakang truk yang nantinya berfungsi untuk menarik mobil. Alat untuk menderek ini nantinya akan dikaitkan pada bagian depan mobil, kemudian ban depan akan terangkat. 

Jadi hanya bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah kemudian mobil akan diderek. Cara mengangkut ini tentu saja jauh berbeda dengan towing yang justru mengangkut mobil secara keseluruhan. 

Pada saat penderekan rem tangan mobil harus aktif sehingga prosesnya harus lebih hati-hati. Sedangkan untuk towing, mobil dalam keadaan mati dan tidak perlu kondisi rem tangan aktif. 

    2. Penyedia Jasa 

Jasa towing sendiri sebagian besar dibuka oleh swasta yang membantu masyarakat untuk mengangkut mobil sesuai kebutuhan. Baik itu karena mudik, masalah banjir atau ingin menjual mobil. 

Sedangkan untuk derek, biasanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan. 

Mobil yang sudah tidak bisa dikendarai karena kecelakaan biasanya akan diderek oleh mobil derek khusus. 

    3. Jenis Kendaraan yang Mengangkut

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya