Tips & Trik

Mengenal Jenis Asuransi Mobil Yang Cocok Untuk Mobil Mu

PUBLISHED DATE : 28 Mei 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/harga_asuransi_mobil.jpg

Mobil sudah menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk berkendara. Kenyamanan saat berkendara dengan mobil membuat orang-orang lebih memilih mobil sebagai jenis kendaraan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jika sudah begini, tentu saja keselamatan mobil Anda juga harus di perhatikan. Keselamatan mobil harus dijaga maksudnya adalah paling tidak mobil harus diasuransikan. Asuransi mobil sangat berguna jika terjadi apa-apa pada mobil kita.

Asuransi mobil bisa menjadi pilihan Anda jika Anda takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda. Dengan banyaknya angka kecelakaan di jalan raya menjadi salah satu alasan kenapa Anda harus memberikan asuransi pada mobil Anda. Jenis asuransi mobil ada 2, yaitu All Risk dan Total Loss Only. Saat ini sudah ada banyak jasa asuransi yang menawarkan asuransi mobil di Indonesia.

Kenapa Kita Harus Mengasuransikan Mobil?

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Bedanya Modifikasi dan Custom Kendaraan

Kenapa kita harus memberi asuransi pada mobil? Perlu Anda ketahui jika Salah satu hal yang membuat angka kematian di Indonesia meningkat adalah karena kasus kecelakaan.

Kecelakaan sendiri menjadi penyebab angka kematian paling banyak nomor 3 di Indonesia. Setiap tahunnya angka kematian karena kecelakaan di Indonesia terus meningkat dan menembus hampir ribuan orang.

Kecelakaan sendiri disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena kelalaian manusia ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kecelakaan seperti alam, kita juga bisa mengalami kecelakaan karena manusia lain. Nah Anda sendiri bisa mengurangi resiko kematian karena kecelakaan dengan menerapkan safety riding yang tepat.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Pada Mobil

Lalu jika memang kita sedang apes mengalami kecelakaan, bagaimana dengan mobil kita? Resiko kendaraan rusak juga sangat tinggi saat terjadi kecelakaan, sehingga bukan tidak mungkin mobil kita akan mengalami kerusakan jika memang kita mengalami kecelakaan di jalan raya. Inilah yang membuat Anda harus mengasuransikan mobil Anda. Apalagi dibutuhkan biaya yang tinggi untuk memperbaiki mobil Anda jika mengalami kerusakan.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

jenis asuransi mobil

Sebelum Anda memutuskan untuk mengasuransikan mobil Anda, tentu saja terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis-jenis asuransi mobil. Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di setiap jenis asuransi. Jika sudah tentu saja Anda bisa menentukan asuransi mobil yang cocok untuk mobil Anda. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis asuransi mobil.

  1. Asuransi Mobil All Risk

    Baca Juga : Tips Sederhana Agar Jas Hujan Tetap Awet

    All risk dalam bahasa Indonesia berarti segala resiko. Asuransi ini biasa disebut juga dengan comprehensive atau keseluruhan. Sesuai dengan artinya, ketika mobil Anda mengalami kerusakan ringan, berat, bahkan kehilangan, pihak jasa asuransi mobil akan membayar klaim dengan segala jenis kerusakan yang menimpa mobil Anda tersebut.

    Bahkan jika mobil Anda lecet sedikitpun, pihak jasa  asuransi akan membayar klaim asuransi. Namun, harga asuransi all risk ini juga tidak murah. Sebelum Anda memilih asuransi ini alangkah baiknya jika Anda memperhatikan jaminan-jaminan yang diberikan oleh jasa asuransi mobil supaya bisa mengklaim nya.

  2. Asuransi Total Lost Only

    Jenis asuransi mobil berikutnya adalah TLO atau Total loss only yang artinya adalah kerusakan total. Kerusakan total yang dimaksud disini adalah jika mobil mengalami kerusakan di atas 75% atau kehilangan mobil karena pencurian atau hal-hal lain yang menyebabkan mobil tidak bisa digunakan lagi. Jika hal di atas terjadi maka asuransi Total Loss Only bisa berlaku.

    Anda tidak bisa mengklaim asuransi TLO jika kerusakan yang dialami kurang dari 75%. Bahkan jika mobil Anda hanya lecet sedikit pun, Anda tidak bisa mengklaim asuransi. Kelebihan dari asuransi total loss only adalah biaya asuransi mobil yang lebih murah dibandingkan asuransi mobil all risk.

Perhitungan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Setiap jenis-jenis asuransi mobil tentu saja mempunyai kebijakan yang berbeda-beda. Namun secara umum untuk menghitung asuransi mobil All Risk dan juga TLO tentu saja didasarkan dari rate asuransi kemudian dikalikan dengan harga mobil. Berikut dibawah ini akan kami sajikan contoh perhitungan asuransi mobil.

Misalnya Anda mengasuransikan mobil Anda dimana harga mobil barunya adalah Rp200.000.000. Nah kemudian biaya asuransi di kategori daerah Anda adalah 0,38 sampai 0,42%. Maka perhitungannya seperti dibawah ini.

0,38% x Rp200.000.000 = Rp760.000

Jadi total biaya asuransi mobil Anda adalah Rp760.000. Ini untuk jenis asuransi mobil TLO ya. Tentu saja berbeda dengan jenis asuransi All Risk.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya