Tips & Trik

Apa Itu Power Window, Komponen Hingga Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 18 Oktober 2021

2  Xl7 (2)

Demikian juga sebaliknya, apabila Anda ingin menaikkan kaca, maka harus menekan tombol ke atas.

  • Auto Down

Fitur Auto Down ini memiliki kesamaan dengan fitur sebelumnya. Dengan sekali tekan, kaca jendela akan terbuka penuh sampai ke bawah. Sedangkan untuk menaikkannya, Anda harus menggunakan cara manual seperti pada fitur Manual Up Dan Down.

  • Auto Up Dan Down

Untuk fitur Auto Up Dan Down ini, Anda hanya perlu melakukan sekali tekan pada tombol saat ingin membuka kaca jendela mobil. Sedangkan ketika Anda ingin menutupnya, tekan tombol power window agar kaca kembali ke atas. Sistem ini biasanya hanya digunakan pada satu sisi pengemudi saja.

  • All Auto Up Dan Down

Apabila mobil Anda menggunakan power window dengan fitur All Auto Up Dan Down, tombol bisa dipasang pada masing-masing pintu mobil. Hal tersebut membuat supir bisa membuka dan menutup kaca jendela mobil dari tiap-tiap pintu dengan sangat mudah.

  • Window Lock 

Teknologi power window juga dilengkapi dengan pengaman, yaitu dengan menggunakan fitur Window Lock. Dengan fitur ini, ketika tombol win lock ditekan, maka seluruh sistem dalam setiap pintu mobil akan terkunci, kecuali pada sisi pengemudi.

  • Jam Protection

Fitur keamanan lainnya adalah fitur jam Protection. Fitur ini memiliki fungsi mendeteksi adanya benda yang terjepit ketika tombol ditekan. Hal ini akan mencegah adanya tangan terjepit saat kaca menutup, karena kaca otomatis akan kembali membuka ketika membentur sesuatu.

Baca Juga : Tips Bedakan Pelek Asli dengan KW

Komponen Yang Ada Dalam Power Window

Agar bisa bekerja sesuai fungsinya, power window terdiri dari beberapa komponen. Komponen power window tersebut saling berkaitan, sehingga rangkaian bisa bekerja dengan optimal. Berikut adalah daftar-daftar komponen yang ada pada sistem power window.

  • Aki/Baterai

Aki adalah komponen pada power window yang berfungsi sebagai sumber energi, tepatnya sebagai penyimpan sumber listrik. Dari aki ini akan didapatkan tenaga sebagai bahan bakar pada sistem kelistrikan teknologi power window ini.

  • Sekring

Sekring berfungsi untuk membatasi arus listrik yang terlalu besar, yang bisa mengakibatkan resiko kabel terbakar. Dengan adanya sekring ini, pada intensitas tertentu, kawat  pada sekring akan putus, sehingga arus listrik berhenti dan terhindar dari resiko kabel terbakar.

  • Saklar

Saklar berfungsi untuk mengaktifkan rangkaian listrik pada sistem power window ini. Dengan komponen ini, saklar akan mengendalikan kaca jendela agar bisa bergerak naik dan turun.

  • Kabel Penghubung

Kabel penghubung adalah kabel yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik dari aki atau baterai menuju motor listrik. Kabel-kabel tersebut biasanya memiliki warna berbeda, untuk memudahkan mengetahui aliran listrik ke masing-masing komponen.

  • Power Window Motor
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya