Tips & Trik

Apa Itu Power Window, Komponen Hingga Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 18 Oktober 2021

2  Xl7 (2)

Power window adalah salah satu teknologi yang tidak begitu berhubungan dengan mesin kendaraan, tetapi cukup penting bagi pengendara. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa itu power window?

Saat ini, kaca jendela bisa dibuka dengan mudah hanya dengan memencet tombol saja. Sebenarnya, pergerakan kaca tersebut berasal dari sebuah rangkaian dari mekatronik. Untuk mengenal lebih jauh seputar power window, simak ulasan di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Power Window?

Power window sebenarnya adalah sebuah rangkaian mekatronik, gabungan dari teknologi mekanik dan elektronik. Kedua gabungan teknologi tersebut akan menciptakan energi yang bisa menggerakkan kaca jendela mobil hanya dengan menekan sebuah tombol atau switch.

Power window sendiri bekerja dengan sebuah sistem yang disematkan pada setiap rangkaian elektronik. Dengan sistem tersebut, rangkaian akan bekerja dengan cara menaikkan dan menurunkan kaca jendela mobil atau menggeser pintu mobil ketika tombol ditekan.

Manfaat Power Window 

Hadirnya fitur power window ini tentunya akan memberikan kenyamanan kepada setiap pengguna mobil atau kendaraan roda empat lainnya.

Hal tersebut dikarenakan power window, membuat Anda bisa membuka dan menutup pintu jendela kaca mobil dengan mudah, hanya menekan tombol saja.

Di sini Anda hanya tinggal menekan tombol yang sudah ada pada masing-masing pintu atau jendela mobil. Dengan menekan tombol tersebut, pintu mobil bisa terbuka secara otomatis.

Baca Juga : Ketahui Ini Perbedaan Jenis Transmisi Otomatis dan Manual

Demikian juga dengan jendela kaca mobil, bisa dibuka dengan menggeser ke atas dan ke bawah dengan mudah.

Teknologi power window ini tidak bisa dijumpai pada setiap jenis mobil, terutama mobil-mobil yang memiliki usia tua.

Selain memudahkan Anda saat membuka pintu dan jendela kaca mobil, power window juga dilengkapi dengan sistem keamanan, sehingga keamanan berkendara tetap terjaga.

Fitur Yang Terdapat Dalam Power Window

Teknologi power window diciptakan dengan berbagai jenis. Perbedaan tersebut didasarkan pada fitur yang terdapat dalam teknologi ini.

Dengan kata lain, setiap jenis power window memiliki perbedaan berdasarkan fitur yang dimilikinya. Berikut adalah fitur dalam power window.

  • Manual Up Dan Down

Fitur Manual Up Dan Down ini adalah fitur yang bisa digunakan dalam rangkaian power window secara manual. Ketika tombol ditekan ke bawah, maka kaca akan bergerak turun. 

Demikian juga sebaliknya, apabila Anda ingin menaikkan kaca, maka harus menekan tombol ke atas.

  • Auto Down

Fitur Auto Down ini memiliki kesamaan dengan fitur sebelumnya. Dengan sekali tekan, kaca jendela akan terbuka penuh sampai ke bawah. Sedangkan untuk menaikkannya, Anda harus menggunakan cara manual seperti pada fitur Manual Up Dan Down.

  • Auto Up Dan Down

Untuk fitur Auto Up Dan Down ini, Anda hanya perlu melakukan sekali tekan pada tombol saat ingin membuka kaca jendela mobil. Sedangkan ketika Anda ingin menutupnya, tekan tombol power window agar kaca kembali ke atas. Sistem ini biasanya hanya digunakan pada satu sisi pengemudi saja.

  • All Auto Up Dan Down

Apabila mobil Anda menggunakan power window dengan fitur All Auto Up Dan Down, tombol bisa dipasang pada masing-masing pintu mobil. Hal tersebut membuat supir bisa membuka dan menutup kaca jendela mobil dari tiap-tiap pintu dengan sangat mudah.

  • Window Lock 

Teknologi power window juga dilengkapi dengan pengaman, yaitu dengan menggunakan fitur Window Lock. Dengan fitur ini, ketika tombol win lock ditekan, maka seluruh sistem dalam setiap pintu mobil akan terkunci, kecuali pada sisi pengemudi.

  • Jam Protection

Fitur keamanan lainnya adalah fitur jam Protection. Fitur ini memiliki fungsi mendeteksi adanya benda yang terjepit ketika tombol ditekan. Hal ini akan mencegah adanya tangan terjepit saat kaca menutup, karena kaca otomatis akan kembali membuka ketika membentur sesuatu.

Komponen Yang Ada Dalam Power Window

Agar bisa bekerja sesuai fungsinya, power window terdiri dari beberapa komponen. Komponen power window tersebut saling berkaitan, sehingga rangkaian bisa bekerja dengan optimal. Berikut adalah daftar-daftar komponen yang ada pada sistem power window.

  • Aki/Baterai

Aki adalah komponen pada power window yang berfungsi sebagai sumber energi, tepatnya sebagai penyimpan sumber listrik. Dari aki ini akan didapatkan tenaga sebagai bahan bakar pada sistem kelistrikan teknologi power window ini.

  • Sekring

Sekring berfungsi untuk membatasi arus listrik yang terlalu besar, yang bisa mengakibatkan resiko kabel terbakar. Dengan adanya sekring ini, pada intensitas tertentu, kawat  pada sekring akan putus, sehingga arus listrik berhenti dan terhindar dari resiko kabel terbakar.

  • Saklar

Saklar berfungsi untuk mengaktifkan rangkaian listrik pada sistem power window ini. Dengan komponen ini, saklar akan mengendalikan kaca jendela agar bisa bergerak naik dan turun.

  • Kabel Penghubung

Kabel penghubung adalah kabel yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik dari aki atau baterai menuju motor listrik. Kabel-kabel tersebut biasanya memiliki warna berbeda, untuk memudahkan mengetahui aliran listrik ke masing-masing komponen.

  • Power Window Motor

Power window motor di sini adalah mesin untuk mengubah energy listrik yang berasal dari aki atau baterai menjadi energi gerak putar. Energi gerak putar tersebut akan membuat kaca jendela bergerak sesuai keinginan Anda. 

  • Transfer Gear

Komponen power window yang merupakan rangkaian mekanikal adalah Transfer Gear. Komponen ini fungsinya untuk menyalurkan putaran dari output motor ke pulley. Relay power window ini bekerja dengan cara berputar ketika pulley berputar.

  • Kawat Penghubung

Komponen ini berfungsi untuk menarik glass holder ketika pulley berputar. Kawat penghubung ini bersifat elastis, dan akan tertarik ketika glass holder terangkat.

Baca Juga : Ini yang Terjadi Saat Mobil Pakai Oli Palsu dalam Jangka Panjang

2._xl7__1___1_

Cara Merawat Power Window

Untuk menjaga agar power window bisa awet, maka Anda harus melakukan perawatan. Biaya perawatan power window, tentu jauh lebih murah bila dibandingkan mengganti karena sudah rusak. Perawatan apa yang perlu dilakukan, berikut di antaranya. 

  • Gunakan Seperlunya

Membuka dan menutup kaca jendela mobil, sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Apabila terlalu sering dibuka dan ditutup, atau dibuat mainan, maka kemungkinan power window juga akan cepat menjadi rusak. 

  • Bersihkan Kaca Jendela 

Membersihkan kaca jendela mobil akan membantu menghilangkan kotoran atau debu yang bisa masuk ke dalam rangkaian power window. Kotoran yang masuk ke dalam rangkaian, bisa mengganggu kerja sistem ini. 

  • Pemeriksaan Berkala Ke Bengkel

Melakukan pemeriksaan secara berkala ke bengkel resmi Suzuki, juga perlu dilakukan agar power window tetap normal. Petugas mekanik akan segera mengetahui apabila ada kerusakan yang terjadi, sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan yang berat. 

  • Periksa Karet Kaca Mobil

Karet pada kaca jendela juga perlu diperiksa secara berkala. Karet yang sudah lama, biasanya akan keras dan bisa pecah akhirnya bisa masuk ke dalam sistem power window. Hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem. 

  • Hindari Tidak Menggunakan Power Window Dalam Waktu Lama

Membiarkan power window tidak difungsikan dalam waktu lama, bisa berakibat kerusakan pada sistem tersebut. Kemungkinan berkarat pada komponen-komponennya. Oleh karena itu, sebaiknya alat ini tetap digunakan. 

Setelah mengetahui apa itu power window hingga cara perawatannya, jangan lupa untuk melakukan perawatan tersebut dengan baik. Jika ada kerusakan, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

  1. United Indo Bali (UIB) di Bali, www.suzukibali.id 
  2. Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  3. United Motor Centre (UMC) di Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  4. Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  5. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  6. Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  7. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id 
  8. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  9. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal, www.suzukiarindo.co.id 
  10. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  11.  Sejahtera Armada Trada (SAT) di Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  12.  Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  13.  Duta Cendana Adimandiri (DCA) di Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  14.  Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  15.  Armada Perkasa Mobilindo (APM) di Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  16.  Handijaya Buana Trada (HJBT)  di Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  17.  Sejahtera Buana Trada (SBT) di Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  18.  Indomobil Multi Trada (IMT) di Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  19.  Sun Motor Jakarta (SUN) di Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  20.  Citra Asri Buana (CAB) di Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  21.  Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  22.  Pusaka Motor Utama (PMU) di Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  23.  Armada Banda Jaya (ABJ) di Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  24.  Restu Mahkota Karya (RMK), www.suzukimahkota.co.id 
  25.  Arista Sukses Abadi (ASA MEDAN) di Medan, www.suzukiarista.com 
  26.  Trans Sumatra Andalan (TSA) di Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  27.  Rodamas Makmur Motor (RMM) di Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  28. Arista Sukses Abadi (ASA TP) di Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  29.  Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  30.  Elang Perkasa Motor (EPM) di Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  31.  Jaya Indah Motor (JIM) di Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  32.  Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  33.  Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB) di Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  34.  Jagorawi Motor (JM) di Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  35.  Persada Lampungraya (PLR) di Lampung, www.suzukilampung.co.id

Anda bisa menemukan salah satu bengkel motor Suzuki resmi maupun bengkel mobilnya di setiap kota.

Dengan perawatan yang tepat di bengkel tersebut, masalah kendaraan Anda akan segera tuntas.

Berita Lainnya