Tips & Trik

Menjaga Kabin Mobil Tetap Bersih Dan Nyaman

PUBLISHED DATE : 09 September 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Aug-Blog-29-(1)-(1).jpg

Mobil yang bersih baik dari luar maupun bagian dalam kabin mobil akan membuat pengendara dan penumpang jadi nyaman sepanjang perjalanan, apalagi jika harus berkendara dalam waktu yang lama. Karenanya merawat kebersihan kabin mobil harus jadi agenda wajib bagi Anda. Terlebih jika Anda memiliki mobil keluarga yang kerap membawa banyak penumpang. 

Merawat kabin mobil sebenarnya tidak sulit, lakukan tips di bawah ini agar kabin mobil Anda tetap bersih dan nyaman untuk digunakan.

  • Bersihkan Karpet

Karpet mobil adalah bagian yang langsung terkena alas kaki pengendara maupun penumpang. Mulai dari sisa-sisa tanah dan debu dari alas kaki, hingga remah-remah makanan yang dimakan saat perjalanan kerap mengotori karpet. Karenanya saat membersihkan kabin mobil, mulailah dengan membersihkan bagian bawah pada mobil ini dengan melepaskan semua karpet. Cuci dengan air mengalir dan beri cairan pembersih. Jika terdapat noda, sikat bagian karpet yang kotor tersebut kemudian jemur hingga kering. Sambil menunggu karpet kering, Anda bisa membersihkan bagian dasar kabin dengan penyedot debu atau dengan sikat. 

  • Hilangkan Debu Dari Dashboard

Baca Juga : Sepeda Motor Yang Paling Cocok Untuk Street Ride

Dashboard merupakan bagian yang penting karena terdapat panel-panel indikator yang memuat informasi kondisi mesin, lubang ventilasi AC yang mengeluarkan hawa dingin, head unit untuk hiburan hingga kompartemen penyimpanan serbaguna ada di bagian ini. Karenanya, jangan melewatkan untuk membersihkan dashboard sebab area ini biasanya mudah berdebu. Gunakan lap lembut berbahan microfiber agar tidak merusak permukaannya. Anda bisa membasahi lap dengan air dan campuran pembersih khusus atau bisa juga gunakan cairan pembersih yang Anda taruh dalam botol semprot. Lap perlahan mulai dari bagian yang paling terlihat hingga ke sudut-sudut yang sulit terjangkau. Gunakan alat kecil seperti kuas atau sikat berbulu halus untuk membersihkan sela-sela yang tak bisa dijangkau oleh lap Anda. Jika sudah, keringkan dengan lap baru agar sisa-sisa air tidak menyerap ke pori-pori permukaan dashboard dan menimbulkan noda. 

  • Membersihkan Jok 

Bagian jok mobil juga tak boleh dilewatkan untuk dibersihkan sebab bagian ini juga kerap terkena debu atau remah-remah makanan selama perjalanan. Pertama-tama bersihkan jok dari sisa-sisa kotoran terlebih dahulu, bisa dengan penyedot debu atau juga sikat lembut. Setelah itu gunakan cairan pembersih mobil dan air hangat, celupkan pada lap bersih untuk menggosok permukaan jok mobil. Setelah itu, lanjut lap dengan kain kering. Jika jok Anda berbahan kulit, setelah kering poles permukaannya dengan cairan pelembab khusus kulit. Sebagai catatan, jangan lupa membuka pintu saat membersihkan jok agar jadi lebih cepat kering.

  1. Jangan Lupakan Bagian Plafon 

Bagian ini kerap kelewat untuk dibersihkan, padahal kebersihan plafon sangat membantu menambah kenyamanan kabin mobil. Plafon pada kabin mobil biasa terbuat dari kain atau beludru. Keduanya memiliki cara yang berbeda jika ingin dibersihkan. Pada plafon kain, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan lap microfiber yang telah dibasahi air dan cairan pembersih. Sementara plafon beludru tidak bisa terkena kain yang terlalu basah, sebaiknya semprotkan cairan pembersih dan keringkan dengan lap lembut. Hindari menggosok dengan terlalu keras karena bagian ini mudah sobek, lap dengan gerakan searah secara perlahan dan keringkan. 

  • Bersihkan Filter AC

Baca Juga : Apa Itu Social & Physical Distancing? Bagaimana Cara Melakukannya?

Komponen evaporator atau filter AC yang kotor dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam kabin. Sebab itu jangan lupa untuk membersihkan filter AC agar udara dalam kabin mobil tetap bersih dan aman dihirup. Jika sesudah dibersihkan tapi filter masih tidak berfungsi normal, gantilah filter dengan yang baru. Lakukan penggantian filter AC mobil Suzuki Anda hanya di bengkel resmi kami. Kunjungi bengkel resmi Suzuki langganan yang ada di kota Anda sekarang juga!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-30-(1)-(1)-(1).jpg

3 Mitos Seputar Pembiayaan Mobil

Membeli mobil secara kredit adalah salah satu cara umum untuk bisa membawa pulang mobil incaran Anda. Membeli mobil secara kredit bukanlah lagi hal yang aneh saat ini, bahkan selur...

selengkapnya