Tips & Trik

Apa Itu OTR dan Harga OTR Dalam Kredit Kendaraan?

PUBLISHED DATE : 30 Desember 2023

XL7 (2)1

Salah satu komponen utama dari harga OTR adalah harga pabrik kendaraan yang telah tercatat sebagai HPU (Harga Pasaran Umum) dalam Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah). 

Dari Harga Pasaran Umum tersebut, dapat ditentukan harga komponen lain agar menghasilkan harga OTR pada suatu daerah.

Adapun berbagai komponen berikut ini yang umumnya digunakan dalam penghitungan nilai pajak serta biaya lain untuk mendapatkan harga On the Road bagi kendaraan di Indonesia. Lima komponen tersebut yaitu:

  1. Biaya BBN-KB, atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor;
  2. Biaya PPn, atau Pajak Pertambahan Nilai;
  3. Biaya PPnBM, atau Pajak Penjualan Barang Mewah;
  4. Biaya Penerbitan Dokumen;
  5. Biaya SWDKLLJ, atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Kemudian, untuk menghitung harga On the Road Anda harus melihat Harga Pasaran Umum (HPU), atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) serta Dasar Pengenaan Pajak (DPP). Simulasi penghitungannya dapat Anda lakukan menggunakan ilustrasi rumus berikut ini:

DPP + PPnBM + PPn + BBNKB + Penerbitan Dokumen + SWDKLLJ = Harga OTR

Untuk mengetahui nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP), Anda bisa mengalikan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJBK) dengan koefisien bobot kendaraan. 

Baca Juga : Wajib Tahu! Cara Membedakan Suku Cadang Asli Dan Palsu

Selain berbagai komponen umum biaya, harga On the Road pun dapat dipengaruhi oleh aspek lain seperti laba, biaya marketing, serta biaya distribusi kendaraan, yang nominalnya bisa lebih tinggi daripada biaya pokok di dalam perhitungan harga total On the Road.

Perhatikan Hal Ini saat Kredit Mobil!

Apabila Anda memutuskan untuk kredit mobil setelah paham apa itu OTR, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kredit lebih efisien, yakni sebagai berikut:

  1. Durasi cicilan yang dipengaruhi kesanggupan secara finansial;
  2. Tenor kredit, apakah bulanan atau tahunan;
  3. Nominal plafon kredit atau jumlah utang yang perlu dibayar; 
  4. Harga total yang harus Anda bayar;
  5. Bandingkan opsi kredit yang Anda punya.

Demikian pembahasan tentang apa itu OTR secara lebih detail untuk Anda yang ingin melakukan kredit kendaraan bermotor. 

Bagi Anda yang membeli dengan harga OTR cenderung lebih dimudahkan prosesnya, sebab Anda bisa melewati proses administratif dan perpajakan kendaraan di awal.

Jenis mobil yang tepat untuk kredit bisa Anda temukan di halaman produk mobil Suzuki, agar Anda lebih mudah memilih mobilnya di showroom nanti. Untuk tips dan trik menarik seputar otomotif, maka kunjungi halaman Tips dan Trik Suzuki!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Image009

Aman & Nyaman Berkendara

1. BAHAYA BANJIR Fenomena banjir, terutama saat musim penghujan memang masih kerap terjadi di beberapa jalanan kota di Indonesia. Hal ini tentunya tidak bisa kita hindari namun pe...

selengkapnya