Tips & Trik

Apa Itu OTR dan Harga OTR Dalam Kredit Kendaraan?

PUBLISHED DATE : 30 Desember 2023

XL7 (2)1

Lalu, apabila membeli kendaraan dengan harga OTR, Anda bisa langsung menggunakan kendaraan tersebut karena sudah terdaftar secara resmi di instansi seperti Polri, lalu Samsat, serta Dispenda.

Jadi, untuk menyimpulkan apa itu OTR, Anda bisa mengartikannya sebagai harga beli total kendaraan yang sudah dilengkapi dengan dokumen penting serta diurus wajib pajak kendaraannya. 

Perbedaan On the Road dan Off the Road

Selain istilah On the Road, terdapat pula istilah Off the Road dalam kredit kendaraan. Walaupun kini harga Off the Road kurang ditawarkan pada penjualan kendaraan secara kredit, namun memahami perbedaannya dengan On the Road akan menambah pengetahuan Anda.

Adapun istilah Off the Road mengacu pada harga beli kendaraan yang tidak termasuk biaya pengurusan dokumen hingga pembayaran pajaknya. Ini jelas berbeda dengan harga On the Road yang sudah mencakup kedua hal tersebut. 

Jadi, ketika Anda membeli kendaraan dengan harga Off the Road, kendaraan belum bisa digunakan sebab harus diurus terlebih dahulu kelengkapan dokumen penting hingga pembayaran pajaknya. 

Baca Juga : Tips Memanaskan Motor yang Tepat dan Efektif

Tidak seperti kendaraan dengan harga On the Road, yang bisa langsung Anda gunakan setelah membelinya karena sudah dilengkapi dokumen penting dan beres pengurusan pajak kendaraannya.

Keunggulan dan Kelemahan Harga OTR

Setelah mengetahui apa itu OTR, atau On the Road, dan perbedaannya dengan Off the Road, berikut berbagai keunggulan serta kelemahan yang penting Anda pahami:

  • Keunggulan Harga OTR

Tentang keunggulan, ada tiga poin yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasan ringkasnya:

  • Harga sudah termasuk pengurusan dokumen wajib serta pajak kendaraan;
  • Lebih praktis dan efisien karena tidak perlu melalui tahap administrasi kepemilikan untuk mengurus dokumen seperti STNK, TNKB, serta BPKB;
  • Dapat langsung mengendarai kendaraan setelah resmi membeli dan menjadi pemiliknya.
  • Kelemahan Harga OTR

Tentang kelemahan, ada tiga poin yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasan ringkasnya:

  • Nominal yang dibayarkan lebih tinggi dibandingkan harga Off the Road;
  • Bisa terdapat perbedaan Harga On the Road pada setiap daerah.

Mengapa Harga OTR di Setiap Daerah Berbeda?

Dari penjelasan kelemahan harga On the Road di atas, disebutkan bahwa harga OTR dapat berbeda pada setiap daerah. Perbedaan harga tersebut bukan tanpa sebab, melainkan dilatarbelakangi oleh berbagai faktor di bawah ini:

  • Tarif Biro Jasa

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya